Rabu 06 Mar 2024 19:47 WIB

Hadits-Hadits tentang Pentingnya Silaturahim dan Bahayanya Jika Terputus

Ada hadits populer di kalangan umat Islam tentang silaturahim.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Muslimah.
Foto:

Hadits tersebut yakni dari Abu Ayyub ra: Rasulullah Saw bersabda, "Tidak halal bagi Muslim memutuskan persahabatan dengan saudaranya lebih dari tiga malam. Mereka bertemu, lalu seseorang berpaling dan yang lainnya juga berpaling. Yang paling di antara keduanya ialah yang memulai mengucapkan salam." (HR. Muttafaq 'Alaih).

Al-'Asqalani juga mengungkapkan tentang anjuran memperkuat silaturahim dengan tetangga. Antara sesama tetangga harus salinf mengasihi dan mencintai.

Dari Anas Ra: Nabi SAW bersabda, "Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang hamba (dikatakan) beriman hingga ia mencintai tetangganya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." (HR. Muttafaq Alaih).

Namun, ada yang perlu diutamakan adalah menjaga silaturahim kepada kedua orang tua. Seseorang perlu memberikan nafkah atau memperhatikan kondisi orang tuanya agar silaturahimnya lebih sempurna.

Sebagaimana hadis Rasulullah "Barangsiapa yang berkehendak umurnya dipanjangkan atau rezekinya ditambah, hendaklah berbuat baik kepada kedua orang tuanya dan menyambung silaturahim". (HR. Ahmad).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement