Sabtu 24 Feb 2024 06:23 WIB

Doa Pelunas Utang yang Dibaca Nabi Muhammad

Nabi Muhammad mengingatkan penghasilan terbaik adalah bersumber dari tangan sendiri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Utang (ilustrasi)
Foto:

Sebagai seorang Muslim, maka sudah semestinya untuk menjalankan ikhtiar agar terbebas dari lilitan utang dan mendapatkan rezeki berkah dan berlimpah. Dalam Alquran juga diabadikan tentang perintah untuk selalu bergerak dan berupaya menjemput rezeki sesuai tuntunan Islam.

Allah SWT berfirman:

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ ذَلُوْلًا فَامْشُوْا فِيْ مَنَاكِبِهَا وَكُلُوْا مِنْ رِّزْقِهٖۗ وَاِلَيْهِ النُّشُوْرُ

"Dialah yang menjadikan bumi untuk kamu yang mudah dijelajahi, maka jelajahilah di segala penjurunya dan makanlah sebagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nyalah kamu (kembali setelah) dibangkitkan." (QS Al-Mulk ayat 15)

Rasulullah SAW mengajarkan kepada para sahabatnya tentang kegigihan dan bekerja adalah suatu kehormatan. Beliau SAW juga mengingatkan penghasilan terbaik adalah yang bersumber dari pekerjaannya dengan tangannya sendiri.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Berangkatlah pagi-pagi sekali untuk mencari kayu bakar, kemudian bersedekah dengannya dan menjaga diri dari manusia. Sungguh ini lebih baik dari pada meminta-minta, diberi maupun tidak. Karena sesungguhnya tangan di atas lebih utama ketimbang tangan di bawah. Mulailah memberi kepada orang yang menjadi tanggunganmu." (HR Muslim)

Sumber: Dorar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement