Kamis 22 Feb 2024 08:30 WIB

Mukjizat Alquran: Di Balik Penciptaan Waktu Siang dan Malam

Mukjizat Alquran terlihat dari kandungan ayat berupa makna dan keindahan bahasa.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
Ratusan muslimah membaca Alquran.
Foto:

Sementara pada ayat ke-11 ini, Allah dengan jelas mengatakan bahwa diciptakannya malam untuk dipersiapkan manusia mencari rezeki. Dan ini sangar terkait dengan dua ayat sebelumnya.

Sementara itu, menurut tafsir ilmiah terdahulu dalam Tafsir Salman menjelaskan kata "Subat" pada Surah al-Naba' ayat 9 memiliki penafsiran berbeda-beda. Menurut pendapat Zallah, 'Subat' bermakna mati. Sebab orang yang diistirahatkan adalah orang mati. Namun berbeda dengan pendapat Lais yang menafsirkan "Subat" adalah 'tidur'. Pendapat ketiga ada yang memaknainya "putus" atau "memutuskan".

Sementara pada ayat 10 menurut Qaffal dalam Tafsir Nawawi berarti pakaian yang berfungsu menutupi tubuh. Adapun tafsir al-Kabir, malam disebut pakaian artinya kenikmatan. Sebab malam membuat manusia tidak kelihatan sehingga bisa terhindar dari musuh.

 

Adapun tafsir ayat 11, tafsir Al-Kabir menerangkan bahwa hampir seluruh manusia aktivitasnya pada siang hari. Dan lima tafsir klasik semuanya hanya membahas dari sisi bentuk kata serta ada/tidaknya kata "waktu" yang dibuang sebelum kata Ma'asyan. Sehingga ayat tersebut dapat diterjemahkan menjadi "Dan kami jadikan siang (sebagai waktu) untuk kehidupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement