Rabu 21 Feb 2024 14:17 WIB

Huruf Muqatha'ah di Pembuka Surat, Rahasia Allah SWT dalam Alquran

Para ahli takwil berbeda pendapat mengenai huruf-huruf muqatha'ah di awal surat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran.
Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK
Seorang anak membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di dalam Alquran terdapat beberapa surat yang pada ayat pertamanya diawali satu atau beberapa huruf hijaiyah. Cara membacanya pun terpotong-potong, yaitu dieja satu per satu, sebagaimana ketika belajar membaca huruf-huruf hijaiyah.

Huruf-huruf itulah yang kemudian disebut dengan huruf muqatha'ah, yaitu huruf hijaiyah yang menjadi awal pembuka surat dalam Alquran. Ada 29 Surat dalam Alquran yang diawali dengan huruf muqathaah. Di antaranya Surat Al Baqarah, Surat Ali Imran, Surat Al A'raf, Surat Yunus, Surat Hud, Surat Yusuf, Surat Ar Ra'd, Surat Ibrahim, dan lainnya.

Baca Juga

Namun, pertanyaannya kemudian, apa makna huruf muqatha'ah yang terletak di awal surat itu? Para ulama telah memberikan pandangannya terkait hal tersebut.

Imam Al Qurthubi dalam kitab tafsirnya menjelaskan para ahli takwil berbeda pendapat mengenai huruf-huruf muqatha'ah di awal surat. Misalnya, ulama hadits seperti Amir Al Sya'bi dan Sufyan Al Tsauri serta beberapa ulama hadits lainnya berpendapat sebagai berikut:

 

"Huruf-huruf yang menjadi pembuka surat adalah rahasia Allah dalam Alquran. Allah memiliki rahasia di setiap kitab-kitab-Nya. Sehingga ini adalah hal yang samar, yang hanya diketahui oleh Allah, tetapi kami mengimaninya, dan membaca huruf-huruf tersebut apa adanya."

Perkataan tersebut diriwayatkan dari...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement