Rabu 21 Feb 2024 14:17 WIB

Huruf Muqatha'ah di Pembuka Surat, Rahasia Allah SWT dalam Alquran

Para ahli takwil berbeda pendapat mengenai huruf-huruf muqatha'ah di awal surat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang anak membaca Alquran.
Foto:

Perkataan tersebut diriwayatkan dari sejumlah sahabat yaitu Abu Bakar RA dan Ali bin Abi Thalib RA. Adapun Abu Al Laits Al Samarqandi meriwayatkan dari Umar bin Khattab RA, Utsman bin Affan RA dan Abdullah bin Mas'ud, bahwa mereka berkata, "Huruf muqatha'ah (yang ada di awal beberapa surat dalam Alquran) adalah rahasia yang tidak bisa ditafsirkan."

Ulama tafsir lain, Abu Hatim, juga tidak mengetahui makna dari huruf-huruf muqatha'ah ini. "Kami tidak menemukan huruf-huruf muqatha'ah dalam Alquran kecuali di awal Surat, dan kami tidak mengetahui apa maksud Allah SWT dengan huruf-huruf tersebut."

Sementara itu, ulama nahwu (tata bahasa Arab), Abu Bakr Al Anbari, meriwayatkan sebuah penjelasan yang terkait dengan rahasia dalam Alquran. Penjelasan ini diriwayatkan dari Al Hasan bin Al Hubab, dari Abu Bakar bin Abi Thalib, dari Abu Al Mundzir Al Wasiti, dari Malik bin Mughul, dari Said bin Masruq, dari Al Rabi bin Khatsim, yang berkata:

 إن الله تعالى أنزل هذا القرآن فاستأثر منه بعلم ما شاء وأطلعكم على ما شاء، فأما ما استأثر به لنفسه فلستم بنائليه فلا تسألوا عنه، وأما الذي أطلعكم عليه فهو الذي تسألون عنه وتخبرون به، وما بكل القرآن تعلمون، ولا بكل ما تعلمون تعملون

"Allah SWT menurunkan Alquran dan Dia menyimpan pengetahuan di dalamnya tentang apa yang Dia kehendaki, dan memberitahukan kepadamu apa yang Dia kehendaki. Apa yang Dia simpan itu adalah untuk Dia, dan kamu bukanlah penerimanya. Maka, janganlah kamu menanyakannya. Sedangkan apa yang diberitahukan kepadamu adalah apa yang kamu tanyakan dan diberitahukan. Kamu tidak mengetahui segala sesuatu tentang Alquran, dan kamu tidak mengamalkan segala sesuatu yang kamu ketahui."

Berdasarkan hal tersebut, Abu Bakr Al Anbari yang merupakan tokoh nahwu terkemuka itu menyampaikan:

 فهذا يوضح أن حروفاً من القرآن ستر معانيها عن جميع العالم، اختباراً من الله عز وجل وامتحاناً، فمن آمن بها أثيب وسعد، ومن كفر وشك أثم وبعد. انتهى.

"Apa yang telah dikatakan dalam riwayat tersebut menjelaskan bahwa huruf muqatha'ah dalam Alquran akan tersembunyi maknanya dari seluruh alam. Ini sebagai ujian dan cobaan dari Allah Yang Maha Esa, bahwa siapa pun yang mengimaninya, akan mendapat pahala dan kebahagiaan. Dan siapa yang mengingkari dan meragukannya, maka dia telah berbuat dosa."

Imam Muhammad al-Zarkasyi dalam...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement