Jumat 16 Feb 2024 20:41 WIB

Tiga Doa Rezeki yang Singkat Mudah, Insya Allah Dikabulkan

Setiap Muslim tentu berharap agar rezekinya lancar dan berkah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Doa memohon rezeki (ilustrasi)
Foto: republika
Doa memohon rezeki (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap Muslim tentu berharap agar rezekinya lancar dan berkah. Untuk mendapatkannya, terdapat tuntunan doa rezeki yang dapat diucapkan berdasarkna hadits Nabi Muhammad SAW.

Doa Pertama

Baca Juga

Doa rezeki pertama diriwayatkan dalam hadits shahih dari Abu Said Al Khudri RA. Riwayat doa ini dikeluarkan oleh Imam As Suyuti dalam Al Jami Al Shagir, dari jalur Abu Said Al Khudri.

Berikut bacaan doanya:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ وَالكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ وَالبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Latin:

Allaahumma inni a'uudzu bika minal hammi wal hazani wa a'uudzu bika minal 'ajzi wal kasali, wa a'uudzu bika minal jubni wal bukhli wa a'uudzu bika min gholabatid daini wa qohrir rijaal.

Terjemahan:

Ya Allah, aku berlindung kepadaMu dari kegundahan dan kesedihan dan aku berlindung kepadaMu dari kelemahan dan kemalasan dan aku berlindung kepadaMu dari sifat penakut dan bakhil dan aku berlindung kepadaMu dari terlilit hutang dan pemaksaan dari orang lain.

Doa Kedua

Sedangkan doa rezeki yang kedua, didasarkan pada hadits shahih yang diriwayatkan dari Al Mughirah bin Syu'bah. Doa ini ada dalam Shahih Bukhari. Berikut bacaan doanya:

 

اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ

Latin:

Allaahumma laa maani'a limaa a'thoyta wa laa mu'thiyaa limaa mana'ta wa laa yan-fa'u dzal jaddi minkal jaddu

Terjemahan:

Ya Allah, tiada yang bisa menghalangi apa yang Engkau berikan dan tiada yang bisa memberi apa yang Engkau halangi. Tidaklah bermanfaat kekayaan dan harta benda dari-Mu bagi pemiliknya.

Doa Ketiga

Adapun doa rezeki ketiga, diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib RA. Doa pendek ini ada dalam Shahih At Tirmidzi. Berikut bacaan doa rezeki lengkap dengan latin dan terjemahan:

 اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin:

Allaahummak finii bi halaalika 'an haroomika wa aghninii bi fadhlika 'amman siwaaka."

Terjemahan:

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal dan jauhkan dari yang haram. Dan perkaya aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement