Selasa 13 Feb 2024 22:01 WIB

Ingin Dijauhkan dari Keinginan Berbuat Maksiat Kembali? Baca Doa dari Alquran Ini

Muslim dianjurkan berdoa untuk dibimbing jauh dari maksiat.

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa dijauhkan dari maksiat. Muslim dianjurkan berdoa untuk dibimbing jauh dari maksiat
Foto: REPUBLIKA
Ilustrasi berdoa dijauhkan dari maksiat. Muslim dianjurkan berdoa untuk dibimbing jauh dari maksiat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Tak mudah untuk meninggalkan maksiat 100 persen bagi sebagian orang. Agar senantiasa istiqomah dalam meninggalkan hal-hal maksiat, maka umat Islam dianjurkan untuk berdoa dan memohon petunjuk dari Allah SWT. 

Berikut adalah doa agar tidak mengulangi kemaksiatan yang bersumber dari Alquran, Allah SWT berfirman dalam Alquran surat Ali Imran ayat 8:

Baca Juga

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

"Rabbana la tuzigh qulubana ba'da idz hadaitana wahablana min landunka rahmatan innaka anatal wahhab."

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau karena sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Karunia."  

Imam Ibnu Hajar Al Haitami dalam kitab Az Zawajir an Iqtiraf Al Kabair menjelaskan, orang yang menampakkan kesalehannya (baik itu mengerjakan sholat, puasa, dan zakat) namun masih mengerjakan hal-hal yang dilarang Allah SWT, maka ia tetap tidak terhindar dari ganjaran, yakni diganjar dosa. 

Sebab, menurut Imam Ibnu Hajar, maksiat yang dilakukan orang yang rajin sholat itu merupakan pertanda runtuhnya ketakwaan dan rasa takutnya kepada Allah SWT.

Jika seorang Muslim rajin sholat tapi masih melakukan maksiat secara sembunyi-sembunyi dipenuhi rasa penyesalan, Syekh Muhammad Al Mukhtar mengatakan bahwa orang tersebut bukanlah orang yang menantang Allah SWT. 

Tapi, perbuatan maksiatnya tidak dibenarkan, artinya dibutuhkan pertaubatan dan tidak mengulanginya kembali. Pada hakikatnya, fungsi sholat sendiri pun dapat menghindarkan manusia dari perbuatan keji dan munkar. 

Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Ankabut penggalan ayat 45 berbunyi: 

إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ Yang artinya,  “Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan munkar."

Anjuran berdoa..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement