Selasa 30 Jan 2024 14:08 WIB

Kalimat Thayyibah dan Waktu yang Tepat Membacanya 

Kalimat Thayyibah merupakan dzikir yang harus diulang-ulang.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalimat thayyibah secara bahasa adalah perkataan yang baik. Dalam agama Islam, kalimat thayyibah adalah setiap ucapan yang mengandung kebenaran dan kebajikan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain, serta mengandung  aneka perbuatan ma'ruf dan pencegahan dari perbuatan mungkar.

Dengan membaca kalimat thayyibah, membuat orang yang membacanya senantiasa ingat kepada Allah SWT. Kalimat thayyibah juga jika diucapkan akan mendapat pahala dari Allah SWT.

Baca Juga

Di antara kalimat thayyibah itu adalah Bismillahirrahmanirrahim (Basmalah), A’uudzu billaahi minasy syaithoonir rojiim (Ta'awudz), Subhanallah (Tasbih), Alhamdulillah (Tahmid), Allaahu akbar (Takbir), Laa ilaaha illallah (Tahlil), Astaghfirullah (Istighfar), Laa haula walaa quwwata illa billah (Hauqalah), Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarokaatuh (Salam).

Pertama, basmalah biasanya diucapkan ketika memulai suatu amal dan aktivitas. Misalnya ketika hendak makan, minum, belajar, bekerja, berkarya, melangkahkan kaki ke suatu tempat dan setiap memulai sesuatu yang baik bisa diawali dengan mengucapkan Basmalah.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Bismillaahirrahmaanirrahiim

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Kedua, Ta'awudz biasanya dibaca ketika hendak membaca Alquran. Ta'awudz juga bisa dibaca ketika meminta perlindungan kepada Allah SWT dari gangguan setan.

أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

A’uudzu billaahi minasy syaithoonir rojiim

Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement