Jumat 26 Jan 2024 11:53 WIB

Salah Satu Adab Agar Doa Dikabulkan Allah: Jangan Buru-Buru dan Ulangi 3 Kali

Mintalah kepada Allah, karena Dia sangat suka jika dimintai oleh hamba-Nya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah umat muslim berdoa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah umat muslim berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Imam Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad al-Ghazali atau yang dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitabnya Ihya Ulumuddin menjelaskan adab-adab dalam berdoa agar doa seorang hamba dikabulkan. Salah satu adab saat berdoa adalah mengulang tiga kali doanya dan jangan terburu-buru.

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa saat berdoa, memohonlah dengan sungguh-sungguh dan mengulanginya sebanyak tiga kali. Sebagaimana Ibnu Mas'ud Radhiayalahu anhu pernah mengatakan, "Jika Nabi Muhammad SAW berdoa, beliau berdoa dan diulang sebanyak tiga kali. Jika meminta, beliau juga meminta tiga kali."

Baca Juga

Dalam berdoa, kita juga jangan terburu-buru berkeinginan agar doa kita segera menjadi kenyataan atau segera dikabulkan. Terkait hal ini, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Doa salah seorang dari kalian akan diterima jika tidak dilakukan dengan tergesa-gesa (tidak minta disegerakan)."

Seorang hamba juga jangan mengucapkan, "Aku berdoa, akan tetapi tidak juga diterima." Sebaiknya pada saat seorang hamba memohon kepada Allah SWT, maka mintalah sebanyak-banyaknya. Sebab, kalian sedang meminta kepada Yang Maha Kaya lagi Maha Pemurah.

 

Seorang ulama yang ahli hikmah pernah mengatakan, "Aku berdoa kepada Allah Azza wa Jalla untuk suatu keperluan sejak dua puluh tahun yang lalu. Namun, doaku belum dikabulkan oleh-Nya. Akan tetapi, aku tetap dan selalu berharap pada suatu saat nanti doaku akan dikabulkan oleh Allah SWT."

Rasulullah SAW juga pernah bersabda...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement