Senin 22 Jan 2024 17:35 WIB

Yang tak Dipedulikan Saat Hari Kiamat

Ada tiga golongan yang tak dipedulikan saat hari kiamat.

Hari Kiamat (Ilustrasi)
Hari Kiamat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Nanti pada hari kiamat di saat hamba-hamba yang beriman mendapatkan perlindungan Allah ta'ala ada tiga golongan manusia yang justru sama sekali tak dipedulikan Allah. Mereka begitu merugi lantaran tak mendapatkan pengampunan Allah dari setiap dosa yang dilakukannya ketika di dunia. Siapa tiga golongan manusia yang tak dipedulikan Allah saat kiamat itu?

Pertama, orang yang memanjangkan pakaiannya (sampai terseret-seret ke tanah).

Baca Juga

Oleh karenanya Islam mengajarkan agar dalam berpakaian janganlah sampai berlebihan. Jangan sampai mengenakan pakaian terlalu panjang, semisal ketika memakai sarung atau celana. Bahkan mengenakannya hingga menjuntai dan terseret-seret ke tanah. Sebab orang yang berlaku demikian sejatinya menunjukkan kesombongannya. Pada sisi lain itu pakaiannya dapat terkena najis sehingga bila digunakan sholat menjadi tidak sah.

Kedua, orang yang suka mengungkit-ungkit (pemberian).

 

Maka hendaknya ketika beramal dilandasi niat yang ikhlas karena Allah taala. 

Ketiga, orang yang menjual dagangannya dengan sumpah palsu. Maka celaka orang-orang yang menipu pembelinya dengan bersumpah palsu terhadap barang yang dijualnya.

Ketiga golongan manusia yang tak akan dipedulikan Allah ta'ala saat kiamat ini sebagaimana dalam sebuah hadits dijelaskan yang dapat ditemukan juga pada kitab at Targib wat Tarhib: 

قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : ثَلَاثَةٌ لَا يُكَلِّمُهُمُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَلَا يَنْظُرُإِلَيْهِمْ وَلَا يُزَكِّيْهِمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيْمٌ. قَالَ فَقَرَأَهَا رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ. قَالَ أَبُوْذَرٍّ خَابُوْاخَسِرُوْامَنْ هُمْ يَارَسُوْلَ اللَّهِ ؟ قَالَ :  اَلْمُسْبِلُ وَالْمَنَّانُ وَالْمُنَفِّقُ سِلْعَتَهُ بِالْحِلْفِ الْكَاذِبِ وَفِى رِوَايَةٍ الْمُسْبِلُ اِزَارَهُ.

Rasulullah ﷺ bersabda, : tiga golongan manusia yang tidak diajak bicara Allah di hari kiamat dan Allah tidak melihat mereka dan tidak membersihkan dosa mereka. Dan bagi tiga golongan manusia itu siksa yang pedih. Rasulullah ﷺ mengucapkannya tiga kali. Abu Dzar berkata : Mereka merugi, siapakah mereka wahai Rasulullah? Rasulullah menjawab: Orang yang memanjangkan pakaiannya (sampai terseret-seret ke tanah), dan orang yang suka mengungkit-ungkit (pemberian), dan orang yang menjual dagangannya dengan sumpah palsu. Dana satu riwayat, orang yang memanjangkan sarungnya sampai bawah tumit. 

 

sumber : Dok Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement