Jumat 19 Jan 2024 00:24 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Menakar Kesabaran Diri

Kesabaran seorang hamba akan memerangi takabur ketika sedang mampu dan berkuasa.

Sabar/ilustrasi

Namun, sebenarnya, ada makna tersirat dari cobaan itu. Bisa jadi itu sebuah teguran, atau mungkin pula cobaan dari Allah SwT yang tak lain adalah untuk mendidik kita agar naik ke tingkat keimanan yang lebih tinggi.

Bagi orang yang sabar maka dia akan mengingat Allah dengan meyakini bahwa kita semua ini milik Allah dan semuanya akan kembali kepadaNya. (Innaa lillaahi wainnaa ilaihi raaji’uun). Dengan demikian dia tidak akan terlalu menyesali akan kejadian tersebut karena semuanya adalah kehendak Allah, bahkan dia yakin bahwa ini adalah hal yang terbaik baginya menurut Allah. Dia yakin, bahwa dibalik musibah tersebut pasti ada hikmahnya.

2. Sabar dalam menjalankan ketaatan

Ketaatan itu membutuhkan kesabaran yang harus terus menerus dijaga. Mengapa? Karena ketaatan itu akan membebani seseorang, karena dengan menjalankan ketaatan berarti ada kewajiban yang harus selalu dilakukan.

Shalat malam itu berat, karena harus melawan kantuk dan dinginnya malam. Infaq itu berat, apalagi ketika dalam kesusahan. Itu semuanya membutuhkan kesabaran.

Selanjutnya...

 

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-menakar-kesabaran-diri
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement