Rabu 17 Jan 2024 17:18 WIB

Ketika Alquran Hanya Dibaca Tetapi tidak Diamalkan, Inilah yang akan Terjadi di Akhirat

Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi membaca Alquran. Alquran adalah kitab suci Allah SWT yang sangat istimewa.
Foto:

Setelah itu Imam Bukhari pergi meninggalkan perawi tersebut. Ini karena perawi tersebut telah membohongi kudanya, yang tidak sepatutnya dilakukan. Kisah ini menunjukkan betapa Imam Bukhari memperhatikan keselarasan antara keilmuan dan tindakan. 

Kehidupan seorang Muslim hendaknya terhubung dengan Alquran, karena ini adalah kitab suci yang menjadi pedoman dalam perjalanan umat manusia. Allah SWT berfirman: 

الَّذِينَ آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ أُولَٰئِكَ يُؤْمِنُونَ بِهِ ۗ وَمَنْ يَكْفُرْ بِهِ فَأُولَٰئِكَ هُمُ الْخخَاسِرُونَ

"Orang-orang yang telah Kami berikan Al Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barangsiapa yang ingkar kepadanya, maka mereka itulah orang-orang yang rugi." (QS Al Baqarah ayat 121) 

Ulama terdahulu merenungi kandungan Alquran hingga mengeluarkan air mata. Imam Al-Iraqi melalui kitab takhrij hadits yang mentakhrij hadits-hadits dalam kitab Ihya Ulumuddin, menyampaikan, Alquran diturunkan dengan kesedihan, sehingga bersedihlah saat membacanya. 

Imam Al-Iraqi menyampaikan, salah satu adab dalam membaca Alquran adalah menangis saat membaca ayat-ayat tentang adzab, Hari Kiamat, dan keadaan akhirat, serta kengerian di dalamnya. 

Dalam kondisi inilah seorang Muslim perlu melakukan introspeksi atas kelalaian atau kekurangan dirinya. Bersedih demi dirinya sendirinya, demi hati dan jiwanya. Hati yang keras pun menjadi lunak dan ini adalah tanda keberkahan ilahi. 

Baca juga: 5 Pilihan Doa Ini Bisa Jadi Munajat kepada Allah SWT Perlancar Rezeki

Imam Az-Zamakhsyari dalam kitab Tafsirnya "Al-Kasyyaf An Haqaiq Ghawamidit Tanzil" menyampaikan, Alquran itu melembutkan hati dan membuat basah matanya.

Orang yang membaca Alquran dapat membuat hati semakin lembut dan membuat dia menangis. Tangisan saat membaca Alquran tanda hadirnya hati untuk merenungi dan meresapi firman-firman Allah SWT.

 

Sumber: alukah

 

photo
5 Golongan yang Dicintai Allah SWT Menurut Alquran. (ilustrasi) - (republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement