Rabu 06 Mar 2024 17:13 WIB

Surah Alquran yang Jika Dibaca Berulang Kali akan Datangkan Syafaat kepada Pembacanya

Setiap orang menginginkan syafaat di hari kiamat.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ngaji Surah al Mulk.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ngaji Surah al Mulk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surah al-Mulk merupakan kumpulan ayat yang menunjukkan aspek kebesaran dan kekuasaan Allah SWT, serta penegasan keimanan dan kepatuhan manusia kepada-Nya.

ِوَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مِنَ القُرْآنِ سُوْرَةٌ ثَلاَثُوْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَهِيَ : تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ المُلْكُ . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ

Baca Juga

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Di antara Alquran terdapat satu surah yang terdiri dari tiga puluh ayat yang dapat memberi syafaat kepada seseorang sehingga ia diampuni, yaitu Tabarokalladi bi yadihil mulk (Surah al-Mulk).” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi). 

Dijelaskan dalam hadis tersebut bahwa Surah al-Mulk bisa memberikan syafaat kepada umat Muslim, sebesar apapun dosa yang telah diperbuat, tapi Allah SWT bisa mengampuninya dengan membaca Surah al-Mulk.

Syafaat adalah pengantaraan atau perantaraan yang diberikan kepada seseorang untuk mendapatkan kebaikan atau pengampunan dari Allah SWT. Dalam konteks Surah al-Mulk, banyak ulama dan mufassir berpendapat bahwa membaca surah ini secara rutin dapat memberikan perlindungan dan syafaat kepada pembacanya di akhirat. 

Hal ini didasarkan pada beberapa hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW mempergunakan surah ini sebagai perlindungan bagi dirinya sendiri dan umatnya dari siksa kubur.

Surah al-Mulk juga bisa melindungi seseorang dari siksa kubur, berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy, An-Nasa’i meriwayatkan:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بن مَسْعُودٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ تَبْرَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ ... كُلَّ لَيْلَةٍ مَنَعَهُ اللَّهُ بِهَا مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ

 

Abdullah bin Mas'ud berkata, Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang membaca Surah al-Mulk setiap malam, Allah akan melindunginya dari siksa kubur." (HR An-Nasa'i)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement