Ahad 14 Jan 2024 12:52 WIB

Memahami Keagungan Ayat Kursi

Ayat kursi salah satu bacaan yang tidak asing di telinga umat Islam Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Ayat ini memberikan informasi tentang sifat-sifat Allah. Selain itu, ayat ini pula dapat menangkis bisikan negatif yang bisa membuat ragu seseorang kepada Allah sebagai Maha Pelindung.

Mereka yang membaca ayat Kursi menunjukkan dia menyerahkan segalanya kepada Allah. Mereka menyerahkan pertolongan atas bisikan iblis hanya kepada Allah.

Tafsir Tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan ayat Kursi berisi tentang sifat-sifat Allah Swt. Salah satunya Maha Penolong. Ia memberikan pertolongan atau syafaat.

Pertolongan atau syafaat yang dimaksud dalam ayat ini adalah pertolongan oleh Malaikat, Nabi dan orang soleh kepada manusia pada hari kiamat untuk mendapatkan keringanan atau kebebasan hukuman dari Allah. Syafaat tersebut atas izin Allah.

Dalam hadits:

 قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ...فَيَقُوْلُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: شَفَعَتْ اَلْمَلاَئِكَةُ وَشَفَعَ النَّبِيُّوْنَ وَشَفَعَ الْمُؤْمِنُوْنَ (رواه أحمد ومسلم عن ابي سعيد الخدري)

Nabi Saw bersabda, “…Kemudian Allah berfirman, “Para Malaikat memberikan syafaat, para Nabi memberikan syafaat, dan orang-orang mukmin juga memberikan syafaat." (HR Aḥmad dan Muslim dari Abu Sa‘id al-Khudrī).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement