Ahad 14 Jan 2024 01:01 WIB

Jangan Tinggalkan Ayat Kursi, Ini Keutamaannya

Ayat kursi dianjurkan dibaca pada setelah sholat, pada pagi, sore, dan sebelum tidur.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat kursi merupakan ayat ke 255 dalam surat Al Baqarah. Ayat ini juga disebut sebagai ayat-ayat singgasana, sehingga umat Islam dianjurkan untuk selalu membaca ayat kursi setiap hari.

Adapun waktunya, ayat kursi dianjurkan dibaca pada setelah sholat, pada pagi hari, sore hari, dan sebelum tidur.

Baca Juga

BACA JUGA: Niat Puasa Ganti (Qadha) Ramadhan di Bulan Rajab

Lafadz ayat kursi latin dan artinya

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Allahu laa ilaaha illaa huw al-hayyul qayyuum. Laa ta’ khuzuhu sinatuw wa laa na’um, lahuu maa fisamaawaati wa maa fil-ard, man zallazi yasyfa’u ‘indahuu illaa bi iznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum, wa laa yuhiituna bisyai im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal-ard, wa laa ya ‘uduhu hifzuhumaa wa huwal-‘aliyyul-‘aziim.

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melankan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar."

Dikutip dari buku 5 Amalan Penyuci Hati karya Ali Akbar bin Aqil dan Abdullah chris, menyebutkan sebagian ahli tafsir mengatakan makna kursi dałam ayat ini adalah ilmu Allah SWT.

Banyak keutamaan dari Ayat Kursi, baik keutamaan pada ayat ini sendiri maupun keutamaan bagi orang yang membacanya.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Ahad 14 Januari 2024

Keutamaan ayat kursi...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement