Selasa 09 Jan 2024 18:46 WIB

Alquran Jelaskan Manfaat Hujan Bagi Kelangsungan Makhluk Hidup di Bumi

Alquran merupakan kitab suci kebanggaan umat Islam.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Erdy Nasrul
Musim hujan (ilustrasi)
Foto:

Semua air yang menguap, baik yang berasal dari anak sungai, sungai dan laut, membentuk uap air di atmosfer. Uap ini naik dan akan menjadi dingin saat mencapai atmosfer yang lebih tinggi. Jika terdapat banyak gas di atmosfer maka uap air ini akan memadat menjadi kelompok gas yang disebut awan. 

Jika awan tersebut ditiup angin sehingga berkumpul sesamanya, dan naik ke atas sehingga mencapai bagian yang lebih tinggi lagi di lapisan atmosfer, maka uap air akan berubah menjadi tetes-tetes es.  

Ketika awan menjadi lebih dingin karena suhu atmosfer yang lebih rendah, air menjadi padat (es) dan jatuh, awalnya seperti tetes-tetes es yang sangat kecil, yang biasanya mencair sebelum mencapai tanah. Dengan demikian, tetes air akan jatuh ke bumi sebagai hujan. 

Hujan Menyuburkan Tanah 

Turunnya hujan membasahi permukaan bumi membuat permukaan bumi mulai gembur dan subur. Kemudian mulai ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan. Semakin lama tumbuh-tumbuhan itu semakin besar, bahkan daun-daunnya telah menutupi permukaan bumi yang semulanya tandus, dengan warna-warni yang beraneka ragam ada yang hijau, ada yang keputih-putihan, ada yang merah dan sebagainya.

  

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement