Selasa 09 Jan 2024 00:05 WIB

10 Kunci Rezeki Berlimpah yang Disebut dalam Alquran dan Hadits

Sempit dan berlimpahnya rezeki sejatinya adalah persoalan yang relatif.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Persawahan warga dengan memanfaatkan tanah Waduk Gajah Mungkur yang mengering imbas kemarau, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (15/9/2023).
Foto:

5. Membantu Orang yang Lemah

Berbuat baik atau membantu orang yang lemah adalah salah satu kunci yang membuat seorang hamba mendapat kemenangan. Diriwayatkan dari Abu Al Darda, dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:

"ابغوني في ضعفائكم، فإنما ترزقون وتنصرون بضعفائكم" رواه أبو داود والترمذي وصححه الألباني.

"Carilah aku pada orang-orang lemah. Sungguh kalian mendapat rezeki dan pertolongan karena orang-orang lemah di antara kalian." (HR. Abu Daud, dan At Tirmidzi)

6. Menghadirkan Hati dalam Setiap Beribadah

Menghadirkan hati pada setiap amal ibadah, apa maksudnya? Yusuf Al Qaradhawi menjelaskan, di antara sebab-sebab yang mendatangkan rezeki adalah menghadirkan hati pada setiap amal ibadah yang dilaksanakan.

Dalam riwayat Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

 "إن الله تعالى يقول: يا ابن آدم، تفرغ لعبادتي أملأ صدرك غنى، وأسد فقرك، وإن لا تفعل ملأت يدك شغلًا، ولم أسد فقرك"، رواه الترمذي وابن ماجه وصححه الألباني.

"Allah berfirman, 'Wahai anak Adam, luangkanlah waktumu untuk beribadah kepada-Ku, niscaya Aku akan penuhi dadamu dengan kekayaan (batin). Aku akan hilangkan kemiskinanmu. Jika kamu tidak melakukannya, maka Aku akan masuki hatimu dengan kesibukan dan Aku tidak akan menghilangkan kemiskinanmu." (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)

7. Bersyukur

Yusuf Al Qaradhawi menjelaskan, salah satu kunci meningkatkan rezeki adalah dengan mensyukuri segala nikmat Allah SWT yang berlimpah. Allah SWT berfirman:

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat." (QS. Ibrahim ayat 7)

Menikah...

sumber : Al Qaradawi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement