Selasa 09 Jan 2024 00:05 WIB

10 Kunci Rezeki Berlimpah yang Disebut dalam Alquran dan Hadits

Sempit dan berlimpahnya rezeki sejatinya adalah persoalan yang relatif.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Persawahan warga dengan memanfaatkan tanah Waduk Gajah Mungkur yang mengering imbas kemarau, Wonogiri, Jawa Tengah, Jumat (15/9/2023).
Foto:

3. Berbakti pada Orang Tua dan Jaga Silaturahim

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

(مَن سَرَّهُ أنْ يُبْسَطَ عليه رِزْقُهُ، أوْ يُنْسَأَ في أثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ)

"Siapa yang ingin dilapangkan pintu rizeki untuknya dan dipanjangkan umurnya, hendaknya ia menyambung tali silaturrahim." (HR. Bukhari)

Menjaga ikatan tali silaturahim mengacu pada orang tua dan sanak famili yang lain. Menjaga silaturahim ini bisa dengan berbagai hal. Di antaranya, bersikap baik pada mereka, mengunjungi, bertanya kabar, memeriksa keadaan mereka, membantu yang miskin, menghormati yang lebih tua, menghibur mereka dalam kesedihan, dan mendoakan.

4. Mengeluarkan Harta karena Allah SWT

Maksud pada poin keempat ini ialah bersedekah, berinfak atau mengeluarkan harta karena Allah SWT. Ini adalah salah satu kunci terpenting untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah.

Banyak orang yang takut bersedekah karena khawatir hartanya berkurang atau menjadi miskin. Padahal tidak demikian. Allah SWT berfirman:

قُلْ اِنَّ رَبِّيْ يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ وَيَقْدِرُ لَهٗ ۗوَمَآ اَنْفَقْتُمْ مِّنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهٗ ۚوَهُوَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba' ayat 39)

Membantu orang lemah...

sumber : Al Qaradawi
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement