Kamis 04 Jan 2024 00:10 WIB

Istighfar kan Minta Ampunan, Kok Malah Datangkan Rezeki? Begini Penjelasannya

Istighfar merupakan ungkapan permohonan ampunan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Tobat lebih dari sekadar mengucapkan lafaz istighfar, tetapi menuntut persyaratan lebih banyak.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi/ca
Tobat lebih dari sekadar mengucapkan lafaz istighfar, tetapi menuntut persyaratan lebih banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istighfar memiliki banyak manfaat bagi seorang hamba, baik di dunia dan akhirat. Di antaranya yaitu dikaruniai kebahagiaan, ketenangan ketentraman jiwa dan hati serta kenikmatan yang besar.

Hal itu sebagaimana firman Allah SWT dalam Surat Hud ayat 3:

Baca Juga

وَّاَنِ اسْتَغْفِرُوْا رَبَّكُمْ ثُمَّ تُوْبُوْٓا اِلَيْهِ يُمَتِّعْكُمْ مَّتَاعًا حَسَنًا اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى وَّيُؤْتِ كُلَّ ذِيْ فَضْلٍ فَضْلَهٗ ۗوَاِنْ تَوَلَّوْا فَاِنِّيْٓ اَخَافُ عَلَيْكُمْ عَذَابَ يَوْمٍ كَبِيْرٍ

"Dan hendaklah kamu memohon ampunan kepada Tuhanmu dan bertobat kepada-Nya, niscaya Dia akan memberi kenikmatan yang baik kepadamu sampai waktu yang telah ditentukan. Dan Dia akan memberikan karunia-Nya kepada setiap orang yang berbuat baik. Dan jika kamu berpaling, maka sungguh, aku takut kamu akan ditimpa azab pada hari yang besar (Kiamat)." (QS. Hud ayat 3)

Salah satu Asma Allah adalah Al Ghafar yang berarti Mahapengampun. Dia-lah Pemilik Ampunan. Maka sepatutnya seorang Muslim memohon ampunan kepada Allah SWT untuk mendapatkan perlindungan dan juga limpahan rezeki. Mengucapkan istighfar adalah penghapus dosa maupun keburukan.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda soal keutamaan mengucapkan istighfar dan kaitannya dengan datangnya rezeki dari jalan yang tidak diduga-duga. Berikut haditsnya:

عن عبد الله بن عباس رضي الله عنهما قَال : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : ( مَنْ لَزِمَ الِاسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللَّهُ لَهُ مِنْ كُلِّ ضِيقٍ مَخْرَجًا ، وَمِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا ، وَرَزَقَهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ) رواه أبو داود (1518) وابن ماجه (3819) ، وأحمد في "المسند" (1/248) ، والطبراني في "المعجم الأوسط" (6/240)، والبيهقي في "السنن الكبرى" (3/351) ، وغيرهم .

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas RA, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang biasa beristighfar, maka Allah SWT telah memberi jalan keluar untuknya dari semua kesulitan dan dari semua kegalauan mereka, serta memberi rezeki-Nya dari tempat yang tidak diduga-duga."

Hadits tersebut dikeluarkan oleh Abu Daud, Ibnu Majah, Ahmad dalam Al Musnad, Ath Thabrani dalam Al Mu'jam Al Awsath, dan Al Baihaqi dalam As Sunan Al Kubro serta lainnya.

Waktu yang tepat untuk beristighfar

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement