Rabu 03 Jan 2024 18:34 WIB

Tafsir Surat Al Ahzab Ayat 59 tentang Jilbab dan Asbabun Nuzulnya

Jilbab menjadi pembeda Muslimah dengan wanita non-Muslim.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi wanita berjilbab.
Foto:

Dalam buku Asbabun Nuzul, Sebab Turunnya Ayat Al-Qur'an karya Jalaluddin As Suyuthi, sebab turunnya ayat ini bermula ketika istri Nabi Muhammad Saw, Saudah ingin membuang hajat. Sebagaimana Al Bukhari meriwayatkan dari Aisyah ra: "Setelah turunnya perintah berhijab, suatu ketika Saudah (salah seorang istri Rasulullah) keluar untuk membuang hajat. Saudah adalah seorang perempuan berbadan besar sehingga akan langsung dikenali jika berpapasan dengan orang yang telah mengenalnya. Di tengah jalan, Umar melihatnya. Umar berkata: 'Wahai Saudah, kami sungguh masih dapat mengenali engkau. Oleh karena itu, pertimbangkanlah kembali bagaimana cara engkau keluar.'"

Saudah langsung pulang setelah mendengar perkataan Umar. Saat itu, Rasulullah sedang ada di rumah Saudah dan di tangannya tergenggam minuman. Saudah lalu menyampaikan apa yang disampaikan Umar kepada Rasulullah.

Saudah berkata "Wahai Rasulullah, baru saja aku keluar untuk menunaikan hajat. Akan tetapi, Umar berkata begini dan begini kepadaku.' Tiba-tiba wahyu turun kepada Rasulullah dan ketika wahyu selesai, posisi minuman masih digenggamnya seperti semula.

Rasulullah berkata "Sesungguhnya telah diizinkan, bagi kalian keluar rumah untuk menunaikan hajat kalian".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement