Kamis 28 Dec 2023 01:06 WIB

Tiga Ayat Alquran tentang Arah Datangnya Rezeki

Banyak ayat Alquran menyebutkan rezeki dari Allah tidak terbatas.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Nelayan menjaring ikan dan udang di Danau Teluk Kenali, Telanaipura, Jambi.
Foto:

3. Tafsir surat At Talaq ayat 3

وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗۗ اِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Artinya: “Dan menganugerahkan kepadanya rezeki dari arah yang tidak dia duga. Siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allahlah yang menuntaskan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah membuat ketentuan bagi setiap sesuatu.”

BACA JUGA: Tidak Tidur Usai Sholat Subuh, Ini yang Dilakukan Nabi Muhammad Agar Tetap Bugar

Melalui surat At Talaq ini Allah mengutarakan janji-Nya kepada mereka yang bertakwa kepada Allah, bahwa Allah akan memberinya jalan keluar dari kesulitan dan akan memberikan rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka oleh seorang mukmin tersebut.

Tafsir Kementerian Agama menyebutkan bagi orang-orang yang bertakwa kepada Allah, tidak saja diberi dan dimudahkan jalan keluar dari kesulitan yang dihadapinya, tetapi juga diberi rezeki oleh Allah dari arah yang tidak disangka-sangka, yang belum pernah terlintas dalam pikirannya. Selanjutnya, Allah menyerukan agar mereka bertawakal kepada-Nya, karena Allah-lah yang mencukupkan keperluannya menyukseskan urusannya.

Bertawakal kepada Allah artinya menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah setelah ia  mengusahakan diri dengan berikhtiar, barulah ia bertawakal. Bukanlah tawakal namanya apabila seorang menyerahkan keadaannya kepada Allah tanpa usaha dan ikhtiar.

Pernah terjadi seorang Arab Badui berkunjung kepada Nabi di Madinah dengan mengendarai unta. Setelah orang Arab itu sampai ke tempat yang dituju, ia turun dari untanya lalu masuk menemui Nabi saw. Nabi bertanya, "Apakah unta sudah ditambatkan?” Orang Badui itu menjawab, "Tidak! Saya melepaskan begitu saja, dan saya bertawakal kepada Allah." Nabi saw bersabda, "Tambatkan dulu untamu, baru bertawakal.” Allah akan melaksanakan dan menyempurnakan urusan orang yang bertawakal kepada-Nya sesuai dengan kodrat iradat-Nya, pada waktu yang telah ditetapkan.

Tiga hal yang mendatangkan rezeki...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement