Kamis 28 Dec 2023 10:21 WIB

9 Keutamaan Beristighfar, Salah Satunya Memperlancar Rezeki

Kalimat istighfar tidak hanya dianjurkan dibaca setelah sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Belajar zikir untuk anak.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Belajar zikir untuk anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kalimat istighfar atau astagfirullah al’adzim merupakan kalimat yang istimewa dalam Islam. Rasulullah saw bahkan menganjurkan umatnya untuk sering-sering membaca kalimat istighfar.

Kalimat istighfar tidak hanya dianjurkan dibaca setelah sholat, tetapi di waktu-waktu lain pun dianjurkan untuk membaca kalimat istighfar.

Baca Juga

BACA JUGA: Sedang dalam Kesulitan? Ini Tata Cara Sholat Hajat, Mulai dari Niat Sampai Doanya

Menurut Nor Kholish Reefani, dalam bukunya Agar Doa Dikabulkan Allah, Rasulullah saw mencontohkan membaca istighfar sebanyak mungkin untuk memotivasi diri kita agar selalu bertobat kepada Allah Swt. Oleh karena itu, bagi siapa saja yang rutin membaca istighfar, maka akan mendapatkan banyak manfaat bagi dirinya dan juga keluarganya.

Manfaat Membaca Istighfar

1. Menjadikan orang semakin baik

Seperti sabda Rasulullah berikut ini, "Setiap anak Adam pernah bersalah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang segera bertobat." (HR.Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim)

2. Dapat mengangkat derajat orang tua

Seorang anak yang banyak membaca istighfar akan memberikan dampak kepada orang tuanya yang sudah meninggal dunia. Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu berkata: Wahai Allah, dari mana saya dapat kemuliaan ini?' Allah berkata, 'Karena istighfar anakmu untukmu.'" (HR. Ahmad)

Rendah diri di hadapan Allah SWT...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement