Senin 18 Dec 2023 14:11 WIB

Ya Hayyu Ya Qayyum, Dzikir yang Dibaca Nabi Muhammad Ketika Kesulitan

Ya Hayyu Ya Qayyum sendiri merupakan nama-nama Allah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah suluk menutupi kepalanya dengan selendang dan surban saat mengikuti zikir di dalam masjid Bustanul Arifin komplek Dayah Serambi Mekkah, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Selasa (28/3/2023).
Foto:

Rasulullah Saw bersabda: "Ismullah al-A'dzham yang jika digunakan untuk berdoa, maka Allah Swt akan mengabulkan doanya, (yakni) yang terdapat dalam tiga surat Alquran, yaitu al-Baqarah, Ali Imran, dan Thaahaa." (HR. Ibnu Majah, Hakim dan Thabrani).

Ibnul Qayyim al-Jauziyah, menyebutkan, bahwa yang dimaksud oleh Rasulullah Saw dalam hadits tersebut, menurut Al-Qasim adalah ya Hayyu ya Qayyum, yang terdapat dalam al-Baqarah ayat 255, Ali Imran ayat 2, dan Thaahaa ayat 111.

Dalam hadits lain juga dikisahkan bahwa Rasulullah Saw bertanya kepada Abu Mundzir. Beliau bertanya, "Hai Abu Mundzir, tahukah kamu ayat Alquran yang menurutmu paling agung?"

"Allah dan rasul-Nya lebih tahu,” jawab Abu Mundzir.

Kemudian, Rasulullah Saw. kembali bertanya, "Hai Abu Mundzir, tahukah kamu ayat Alquran yang menurutmu paling agung?”

Abu Mundzir menjawab, "Yaitu ayat, 'Dia-lah Allah, Tiada Tuhan selain Dia, Yang Hidup, Yang Berdiri Sendiri (al-Hayyu, al-Qayyum)."

Mendengar jawaban itu, Rasulullah Saw. menepuk dada Abu Mundzir seraya bersabda, "Demi Allah, sungguh dalam ilmumu, wahai Abu Mundzir!"

Dalam riwayat lain, dikisahkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement