Rabu 13 Dec 2023 14:40 WIB

Prof Quraish Shihab Jelaskan Perbedaan Antara Bani Israil dan Yahudi

Perbedaan antara Bani Israil dan Yahudi dijelaskan Prof Quraish Shihab.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Perbedaan antara Bani Israil dan Yahudi dijelaskan Prof Quraish Shihab. Foto:  Prof Quraish Shihab
Foto:

Sementara, untuk kata Yahud dalam Alquran, merujuk kepada Yahuda salah satu dari 12 anak Nabi Yaqub. Kedua belas anaknya ini saling bertengkar, seperti dalam cerita Nabi Yusuf dalam Alquran. Keturunan dari Yahuda itulah yang dibicarakan oleh Alquran yang disebut Yahud. 

Kata Yahud ini bila digunakan oleh Alquran, bukan lagi menunjuk kepada mereka yang hidup sebelum masa Nabi Muhammad SAW yang ada Bani Israilnya itu, tetapi menunjuk pada umumnya mereka yang hidup pada masa Nabi Muhammad SAW. Contohnya Alquran surah Al-Maidah ayat 82.

۞ لَتَجِدَنَّ اَشَدَّ النَّاسِ عَدَاوَةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الْيَهُوْدَ وَالَّذِيْنَ اَشْرَكُوْاۚ وَلَتَجِدَنَّ اَقْرَبَهُمْ مَّوَدَّةً لِّلَّذِيْنَ اٰمَنُوا الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّا نَصٰرٰىۗ ذٰلِكَ بِاَنَّ مِنْهُمْ قِسِّيْسِيْنَ وَرُهْبَانًا وَّاَنَّهُمْ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ

Artinya, "Pasti akan engkau dapati orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Pasti akan engkau dapati pula orang yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman, yaitu orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya kami adalah orang Nasrani.” Hal itu karena di antara mereka terdapat para pendeta dan rahib, juga karena mereka tidak menyombongkan diri.”

Adapun Bani Israil yang berbicara tentang keturunan Nabi Ya’qub itu, ada yang baik ada yang buruk. Namun, jika kata yang digunakan adalah Yahud, pasti menunjukkan celaan. Hal ini sebagaimana terdapat dalam Alquran surat al-Maidah ayat 64 berikut. seperti ayat: wa qâlatil-yahûdu yadullâhi maghlûlah, ghullat aidîhim wa lu‘inû bimâ qâlû,…(QS. Al-Maidah: 64).

وَقَالَتِ الْيَهُوْدُ يَدُ اللّٰهِ مَغْلُوْلَةٌۗ غُلَّتْ اَيْدِيْهِمْ وَلُعِنُوْا بِمَا قَالُوْاۘ ...

Artinya, "Orang-orang Yahudi berkata, “Tangan Allah terbelenggu (kikir).” Sebenarnya tangan merekalah yang dibelenggu. Mereka dilaknat disebabkan apa yang telah mereka katakan..."

Alquran menggunakan kata Yahid...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement