Kamis 07 Dec 2023 23:13 WIB

4 Anak Jagakarsa Diduga Korban Pembunuhan, Prof Quraish Ungkap Ayat Alquran Ini

Polisi belum pastikan dugaan pembunuhan empat anak di Jagakarsa

Rep: Imas Damayanti, Alkhaledi Kurnialam   / Red: Nashih Nashrullah
Proses evakuasi empat jenazah anak di Jagakarsa, Jakarta Selatan yang diduga meninggal karena dikunci di dalam kamar oleh ayahnya sendiri, Rabu (6/12/2023).
Foto:

Dan oleh karena perilaku Bani Israil yang telah dipaparkan Alquran sekian kali, Prof Quraish menjelaskan, maka Allah SWT menetapkan suatu hukum yang menyangkut satu persoalan besar dan hukum itu disampaikan atas Bani Israil.  

Bahwa barang siapa yang membunuh satu jiwa salah seorang putra Adam, bukan karena orang itu membunuh jiwa orang yang lain yang memang wajar sesuai hukum untuk dibunuh, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi yang menurut hukum boleh dibunuh, maka seakan-akan dia telah membunuh seluruh umat manusia. 

Dalam hadits juga dijelaskan, dosa yang dihisab pertama kali adalah membunuh sesama Muslim

أول ما يحاسب العبد الصلاة وأول ما يقضى بين الناس الدماء

Artinya: "Yang dihisab pertama kali dari seorang hamba adalah masalah sholat. Dan yang pertama kali dihisab atas dosa sesama manusia adalah dosa menumpahkan darah muslim (HR Nasai dari Abdullah bin Mas'ud RA nomor 3926).

Baca juga: Cerita Pemilik Kontrakan Maut di Jagakarsa: Istri Kerja Seharian, Suami Selalu di Rumah

Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, Prof Quraish menjelaskan, misalkan dengan memaafkan pembunuh keluarganya, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement