Sabtu 11 Nov 2023 13:34 WIB

Dosa yang Pertama Kali Dipertanggungjawabkan dan 7 Alasan Mengapa Dilarang Islam? 

Islam melarang membunuh karena alasan kuat

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi pembunuhan. Islam melarang membunuh karena alasan kuat

4. Dosa yang diputuskan pertama kali adalah membunuh sesama Muslim

أول ما يحاسب العبد الصلاة وأول ما يقضى بين الناس الدماء

Artinya: “Yang dihisab pertama kali dari seorang hamba adalah masalah sholat. Dan yang pertama kali dihisab atas dosa sesama manusia adalah dosa menumpahkan darah Muslim.” (HR Nasa'i dari Abdullah bin Mas'ud RA nomor 3926). 

5. Orang yang berkelahi lalu yang satu membunuh yang lainnya maka kedua belah pihak sama-sama masuk neraka

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَيُونُسُ عَننْ الْحَسَنِ عَنْ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ ذَهَبْتُ لِأَنْصُرَ هَذَا الرَّجُلَ فَلَقِيَنِي أَبُو بَكْرَةَ فَقَالَ أَيْنَ تُرِيدُ قُلْتُ أَنْصُرُ هَذَا الرَّجُلَ قَالَ ارْجِعْ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا الْتَقَى الْمُسْلِمَانِ بِسَيْفَيْهِمَا فَالْقَاتِللُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذَا الْقَاتِلُ فَمَا بَالُ الْمَقْتُولِ قَالَ إِنَّهُ كَانَ حَرِيصًا عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami 'Abdurrahman bin Mubarak, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid, telah menceritakan kepada kami Ayyub dan Yunus dari Al Hasan dari Al Ahnaf bin Qais mengatakan, 'aku berangkat untuk membantu lelaki ini, (di tengah perjalanan) Abu Bakrah memergokiku dan bertanya, 'mau kemana kau?' Saya menjawab, 'untuk menolong orang ini.' Abu Bakrah berkata, Pulang saja kamu. Sebab aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Jika dua orang Muslim bertemu dengan menghunuskan pedangnya, maka si pembunuh dan yang dibunuh sama-sama di neraka." Saya bertanya, 'Ya Rasulullah, saya maklum terhadap si pembunuh, lantas apa dosa yang dibunuh?' Nabi menjawab, "Sesungguhnya dia juga berkeinginan keras membunuh kawannya."  (HR Bukhari).

6. Hancurnya dunia lebih ringan dari pada membunuh Muslim

Dari Abdullah bin Amru bin Al Ash RA Rasulullah SAW bersabda:

والذي نفسي بيده لقتل مؤمن أعظم عند الله من زوال الدنيا

Artinya: "Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, membunuh seorang Muslim itu lebih dahsyat di sisi Allah dari hancurnya dunia.”(HR Nasa'i nomor 3921).   

لزوال الدنيا أهون على الله من قتل رجل مسلم

Artinya: “Hancurnya dunia lebih ringan di sisi Allah dari dibunuhnya seorang Muslim.” (HR Tirmidzi dari Abdullah bin Amru bin Al Ash nomor 1315).

Baca juga: Surat Yasin Ayat 9, Diamalkan Nabi SAW dan Dibaca Pejuang Hamas Ledakkan Tank Israel

7. Nyawa seorang Muslim hanya halal lewat pengadilan syariah yang sah

لا يحل دم امرئ مسلم يشهد أن لا إله إلا الله وأني رسول الله إلا بإحدى ثلاث الثيب الزاني والنفس بالنفس والتارك لدينه المفارق للجماعة

Artinya: “Tidak halal darah seorang Muslim yang telah bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku adalah utusan Allah, kecuali karena satu dari tiga penyebab yaitu pelaku zina, nyawa dibalas nyawa (qisaas), dan orang yang keluar dari agama dan meninggalkan jamaah umat Islam.” (HR Bukhari dan Abdullah bin Mas'ud nomor 6370 dan Muslim nomor 3175).

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement