Jumat 27 Oct 2023 06:45 WIB

Khutbah Jumat: Luka Al-Aqsa Luka Kita

Al-Aqsa adalah persoalan seluruh umat Islam

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Pemandangan Masjid Al-Aqsa Yerusalem Palestina. Al-Aqsa adalah persoalan seluruh umat Islam
Foto:

Di sanalah, di tanah Palestina, para nabi berdiri kokoh di atas mimbar-mimbar mereka untuk menyampaikan tauhid. Di sana pula raga mereka terkubur berkalang tanah. 

Tatkala Islam hadir untuk menerangi dunia, Al-Aqsa menjadi kiblat pertama sebelum akhirnya dipindahkan ke Masjidil Haram. 

Al-Aqsa  juga merupakan tempat Isra dan Miraj Rasulullah SAW. Di sana pula Nabi menjadi imam sholat bermakmumkan ruh para nabi. 

Syam, yang mencakup wilayah Al-Aqsa dan sekitarnya merupakan tempat umat manusia dikumpulkan sebelum terjadi kiamat kelak. 

Tempat itu dan para penduduk yang tinggal di dalamnya merupakan bumi dan manusia yang diberkati Allah SWT.

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا

“Mahasuci (Allah) yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad) pada malam hari; dari Masjidil Haram (di Mekah) ke Masjid Al-Aqsa  (di Palestina) yang kami berkahi sekelilingnya; agar Kami memperlihatkan kepadanya sebagian di antara tanda-tanda (kebesaran) Kami.” (QS Al-Isra ayat 1)

Ma’asyiral muslimin sidang sholat Jumat rahimakumullah..

Akhir-akhir ini, tanah yang diberkati itu sedang berduka. Bumi peninggalan para nabi itu terus terluka. Luka yang dari hari ke hari semakin menganga. Dari luka itu meneteslah–bahkan mengalir dengan deras–darah generasi terbaiknya.

Generasi sahabat Abu Ubaidah bin Jarrah dan generasi Shalahuddin. Bangunan-bangunannya roboh luluh lantak hujan ratusan bahkan ribuan roket Yahudi Zionis la’natullah. Dari puing-puing itu, tertimpa dan terkuburlah jasad-jasad manusia tak berdosa. 

Jika ada tubuh yang berhasil selamat dari reruntuhan gedung-gedung itu, apabila ia seorang suami maka ia adalah seorang duda yang sudah kehilangan istri tercinta dan anak-anak penyejuk hatinya. Manakala ia seorang istri maka ia adalah janda yang kehilangan suami belahan jiwanya dan anak-anak yang pernah lahir dari rahimnya.

Baca juga: Secarik Alquran Bertuliskan Ayat As-Saffat Ditemukan di Puing Masjid Gaza, Ini Tafsirnya

Bahkan manakala yang berhasil keluar dengan hidup itu adalah seorang anak, maka ia menjadi anak yatim piatu yang kehilangan kedua orang tua tersayang dalam sekedip mata. Anak malang itu bisa jadi berumur 20 tahun, belasan tahun, bahkan banyak balita yang histeris di depan jasad kaku kedua orang tuanya seraya memanggil keduanya. “Umi, Abi. Ayah, Ibu.”

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah...

Luka menganga Al-Aqsa kian parah dengan sikap saudara-saudaranya sesama bangsa Arab yang tak acuh kepada mereka, terkhusus para penguasa. Tidak ada di antara yang membuka perbatasan mereka agar para wanita, anak anak, dan manula bisa mengungsi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement