Kamis 26 Oct 2023 12:16 WIB

Tin, Buah yang Disebut Allah, Mengandung Banyak Manfaat, Ini Penjelasannya

Allah menyebut buah Tin beberapa kali dalam Alquran

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Buah tin
Foto: ist
Buah tin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Buah tin adalah salah satu buah yang disebutkan dalam Alquran. Allah memuliakan buah ini bersama dengan buah zaitun sebagai kata sumpah. Dalam surah at-Tin ayat 1, Allah SWT berfirman, “Demi (buah) tin dan (buah) zaitun).”  

Sumpah Allah tersebut menjadi bukti nyata bahwa buah tin dan zaitun sangat penting. Seperti halnya buah zaitun, buah tin juga sangat banyak manfaatnya.

Baca Juga

Buah tin dikenal juga dengan buah ara. Saat masih berada di pohonnya, buah tin tidak bisa terlihat karena tersembunyi di dalam bunga.

Dalam buku Fakta Sains Al-Quran: Manfaat Tin, Zaitun, Rerumputan, Sayur, dan Buah karya Nurul Fitri Fatkhani dijelaskan, sebenarnya buah tin itu bagian dari bunga. Buah tin dapat mengobati penyakit dan memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, dan zat penting lainnya.

 

Sementara itu, dalam buku Ensiklopedia Mukjizat Alquran dan Hadis, orang-orang Tunisia, Paraoh (Mesir Kuno), dan Yunani mengenal buah tin sebagai makanan sekaligus obat. 

Tin termasuk salah satu pohon tertua di muka bumi ini. Tin adalah pohon yang berasal dari tanah Arab dan menjadi kebanggaan bangsa Arab karena diberkahi.

Berikut beberapa manfaat buah Tin yang perlu diketahui:

1. Mengobati Luka

Zat yang terkandung dalam buah Tin merupakan pembersih yang dapat mengobati luka dengan cara melumurinya.

2. Mengobati Penyakit Anemia

Buah tin juga bisa mengobati penyakit anemia atau kurang darah karena kandungannya dapat merangsang pembentukan hemoglobin.

3. Cegah Kanker

Selain itu, buah tin juga bisa mencegah penyakit kanker dan mengobati tumor.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement