Rabu 25 Oct 2023 14:43 WIB

Fakta Seputar Buah yang Disebutkan Alquran dan Dilarang Zionis Israel

Pohon zaitun adalah simbol dari keterikatan Palestina pada tanah mereka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pohon Zaitun
Pohon Zaitun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Buah zaitun memiliki banyak fakta menarik. Buah ini disebutkan dalam beberapa ayat Alquran. Salah satu ayat yang paling terkenal yang menyebutkan zaitun adalah surah at-Tin ayat 1.

Dalam surat ini, Allah SWT berfirman, “Demi buah ara dan zaitun, demi Gunung Sinai, demi kota keamanan ini. Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya” (QS at-Tin 95: 1-4).

Baca Juga

Di Palestina, pohon zaitun adalah simbol dari keterikatan Palestina pada tanah mereka. Pohon-pohon zaitun mewakili perlawanan dan ketahanan Palestina dalam menghadapi pendudukan militer Israel yang brutal.

Zaitun juga menjadi sumber pendapatan utama bagi ribuan rumah tangga Palestina. Namun, baru-baru ini, Zionis Israel melarang petani Palestina memanen zaitun mereka di wilayah selatan Desa Iskaka, yang berbasis di Kota Salfit di Tepi Barat Utara.

 

Zaitun adalah buah yang sangat serbaguna. Buah ini juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan karena kandungan nutrisi dan senyawa antioksidannya.

photo
Warga Maroko membeli buah zaitun dan barang-barang lainnya di pasar souk di Casablanca saat mereka bersiap untuk berbuka puasa pada hari pertama bulan suci Ramadhan di Casablanca, Maroko, Ahad, 3 April 2021. - (AP/Abdeljalil Bounhar)

Beberapa fakta tentang zaitun, buah yang disebut dalam Alquran

1. Zaitun dalam Pengobatan Nabi

Manfaat kesehatan buah zaitun juga dikemukakan dalam pengobatan Nabi. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda: “Ambil minyak zaitun dan pijat dengannya. Itu adalah pohon yang diberkati” (HR Darimi, 69:103).

2. Disebutkan Tujuh Kali dalam Alquran

Pohon zaitun disebutkan tujuh kali dalam Alquran, yaitu enam kali dengan kata ‘zaitun’ dan satu kali dengan kata ‘thursina’. Zaitun disebutkan dalam surah Abasa (80) ayat 29, surah at-Tin (95) ayat 1, surah al-An’am (6) ayat 99, surah an-Nahl (16) ayat 11, surah al-An’am (6) ayat 141 dan surah an-Nur (24) ayat 35, dan surah al-Mu’minun (23) ayat 20.

 

 

Kayu pohon zaitun...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement