Rabu 25 Oct 2023 14:43 WIB

Fakta Seputar Buah yang Disebutkan Alquran dan Dilarang Zionis Israel

Pohon zaitun adalah simbol dari keterikatan Palestina pada tanah mereka.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Pohon Zaitun

Dikisahkan pada suatu waktu ada seekor merpati yang terbang meninggalkan bahtera yang mengangkut Nabi Nuh dan pengikutnya. Ketika itu sedang terjadi topan besar.

Kemudian, merpati tersebut pulang kembali ke bahtera dengan membawa pucuk tangkai zaitun. Ini menunjukkan kepada kaum Nabi Nuh AS bahwa murka Allah SWT telah berakhir.

9. Pohon Pertama yang Tumbuh di Bumi

Beberapa tafsir menyebutkan jika pohon zitun merupakan pohon pertama yang tumbuh di bumi dan sekaligus sebagai pohon pertama yang tumbuh setelah peristiwa banjir besar di zaman Nabi Nuh. Pohon ini tumbuh di tanah para nabi dan tanah suci.

10. Usianya Bisa Mencapai 5.000 Tahun

Pohon zaitun merupakan salah satu pohon tertua yang tumbuh di muka bumi. Daunnya selalu hijau dan tingginya mencapai 15 meter. Pucuk daunnya tidak besar, tidak pula kecil.

Pohonnya berbunga dan menghasilkan buah setelah empat tahun serta akan memproduksi buah secara terus-menerus selama sekitar 2.000 tahun. Usia pohon ini panjang hingga bisa mencapai 5.000 tahun.

11. Didoakan 70 Nabi

Dalam buku Fakta Sains Al-Quran: Manfaat Tin, Zaitun, Rerumputan, Sayur, dan Buah juga disebutkan bahwa 70 nabi telah mendoakannya agar diberkati, termasuk Nabi Ibrahim As dan Nabi Muhammad SAW. Beliau memanjatkan doa, “Allahumma barik fiz-zayt waz-zaytun” (Ya Allah, berkatilah zait dan zaitun).

12. Dikonsumsi Rasulullah

 

Rasulullah juga memberikan contoh kepada umatnya mengenai kebiasaan beliau yang suka mengonsumsi dan menggunakan minyak zaitun. Bagi Rasulullah, minyak zaitun ini tidak hanya memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga menganggapnya sebagai pohon yang diberkati oleh Allah.

photo
Infografis Empat Jenis Obat dalam Alquran - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement