Jumat 20 Oct 2023 11:06 WIB

Doa Keluar Rumah dan Manfaatnya

Dianjurkan membaca doa saat keluar rumah.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Berdoa saat hendak keluar rumah (Ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa saat hendak keluar rumah (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Agama Islam sebagai agama yang sempurna sangat detail memberi petunjuk kepada umat manusia untuk menjalani kehidupan yang baik dan selamat. Salah satu yang diajarkan agama Islam adalah membaca doa keluar rumah yang memiliki keutamaan atau manfaat bagi orang beriman dan bertakwa yang membacanya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

Baca Juga

Bismillahi, Tawakkaltu 'Ala Allah, Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah

Artinya, dengan nama Allah, aku bertawakkal kepada Allah. Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan Allah."

 

Dalam sebuah hadits dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Muhammad SAW menjelaskan keutamaan membaca doa keluar rumah.

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya, 'Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi'."

"Seketika itu setan-setan menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, 'Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi'." (HR Abu Daud dan Tirmidzi)

Selain doa keluar rumah, Islam juga mengajarkan doa masuk rumah.

بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا، وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا، ثُمَّ لِيُسَلِّمْ عَلَى أَهْلِهِ

Bismillahi walajnaa wa bismillahi kharajnaa wa-alallaahi rabbina tawak-kalnaa.

Artinya, dengan nama Allah, kami masuk (ke rumah), dengan nama Allah, kami keluar (darinya) dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal.

Setiap melakukan aktivitas, seorang Muslim memuji Allah SWT dan berdoa kepada Allah SWT. Doa yang dipanjatkan seorang Muslim termasuk dari manifestasi iman kepada Allah SWT, tempat bergantung segala sesuatu dan tempat memohon.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement