Jumat 20 Oct 2023 10:41 WIB

Khutbah Jumat: Masjid Tempat Mencari Solusi 

Masjid menjadi tempat untuk mencari solusi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Khutbah Jumat: Masjid Tempat Mencari Solusi. Foto:   Masjid (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Khutbah Jumat: Masjid Tempat Mencari Solusi. Foto: Masjid (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,

 

Baca Juga

 

Masjid Tempat Mencari Solusi

Khutbah Pertama 

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي اَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيْدً .اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَرَسُوْلَ ولاَنَبِيَ بَعْدَهُ َاللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلَّمْ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِينَ وَتَابِعِ التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَ سُنَّتَهُ وَجَمَاعَتَهُ مِنْ يَوْمِ السَّبِيْقِيْنَ الْاَوَّلِيْنَ اِلَى يَوْمِ النَّهْضَةِ وَالدَّيْنِ اَمَّابَعْدَهُ

فَيَا عِبَادَ اللَّهِ، أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ وَأَحَثُّكُمْ عَلَى طَاعَتِهِ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ فَقَالَ اللهُ تَعَالَى. قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ ۞ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Ma’asirol Muslimin, Rahimakumullah…

Mengawali khutbah Jumat di siang hari yang penuh berkah ini, khatib mengajak jamaah sekalian untuk senantiasa meningkatkan ketakwaan, takwa dalam arti yang sesungguhnya ialah melaksanakan segala perintah Allah ta’ala dan menjauhi segala larangan-Nya. Semoga dengan ketakwaan yang kita jaga sepanjang usia kita, dapat meringankan beban kita di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala di hari kiamat kelak, sungguh Allah Maha menutup aib hamba-hamba-Nya.

Jamaah shalat Jumat yang dimuliakan Allah subhanahu wa ta’ala

Dimana tempat yang layak mencairkan masalah menjadi solusi, dimana tempat agar dosa kita terampuni, dimana tempat yang layak agar hidup kita penuh kemudahan dan kemuliaan? Jawabannya adalah Masjid, sebab pertama masjid menjadi solusi  dari berbagai persoalan hidup. Dalam Qur’an surat Al-Baqarah : 157 mengatakan :

اُولٰٓٮِٕكَ عَلَيۡهِمۡ صَلَوٰتٌ مِّنۡ رَّبِّهِمۡ وَرَحۡمَةٌ‌ وَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الۡمُهۡتَدُوۡنَ

Artinya : “Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk”

Hadirin yang di Rahmati Allah,

Setiap kita pasti pernah mengalami Gelisah, Resah, Gundah, yang disebabkan karena kelaparan, musibah, sakit dan kekurangan harta. Dengan berbagai persoalan tersebut solusi yang paling tepat adalah berdoa, dan Allah memberikan tempat yang tepat untuk melakukan doa, tempat paling khusu’ paling sejuk dan nyaman, maka masjid menjadi solusi dari berbagai persoalan itu.

Sehingga kita akan tau hikmah diberikannya ujian. Hakikat dari ujian itu adalah untuk meningkatkan kualitas. Sebagai contoh, tatkala kita tersandung batu, ucapan yang kerap keluar dari mulut kita adalah “Allhahu Akbar, Astaghfirullah, atau  Ya, Allah”… ini artinya setiap kita diberikan kesakitan, Allah angkat kualitas iman kita.  Dan yang paling penting adalah tidak mungkin ujian tanpa ada solusi, serta tentu ujian akan diterima kepada orang yang mampu menghadapinya. itulah beberapa hikmah yang akan datang jika kita berada pada titik permasalahan yang menggantung di Pundak kita, masjid menjadi tempat solusi yang tepat.

Kedua, masjid menjadi tempat diampuni dari dosa. Dalam Surat Azzumar : 53 Allah SWT berfirman :

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ ۞ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Artinya : Katakanlah, “Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Sesiapapun, setiap kita merasa memiliki dosa, dan tidk sedikit pula orang-orang mencari tempat ideal untuk bertobat. Maka tempat terbaik adalah masjid. Di dalam masjd kita bisa curhat dengan nyaman dan aman. Mengeluarkan unek-unek tanpa diketahui yang lain. Hanya Kita dan Allah yang tau permasalahan kita, dan kepada Allah kita meminta diampuni semua dosa.

Ketiga menjadi tempat Kemudahan. Jika kita berlama-lama di masjid, melakukan I’tikaf, zikir, shalat sunnah dan aktifitas baik yang wajib maupun yang sunnah lainnya, rasakan Kasih sayang Allah yang akan memudahkan jalan-jalan kehidupan dunia sampai sampai menuju akhirt, rasakan kehadiran Allah yang akan memudahkan urusan-urusan kita.

Semoga Kita diistikomahkan untuk selalu rindu ke masjid, baik untuk melaksanakan Shalat wajib harian, shalat wajib mingguan seperti shalat jumat ini, maupun selalu rindu datang ke tiap-tiap pengajian dan aktifitas lainnya. Selain itu mari kita berdoa supaya dihindari dari sifat bangga terhadap kemaksiatan dan dosa yang kita lakukan, sehingga kita tidak mau meminta pertolongan Allah dan akhirnya akan menimbulkan kemurkaan Allah atas kita semua.

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِي اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنْ آيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

Khutbah Kedua

الْحَمْدُ لِلَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ ثُمَّ الْحَمْدُ لِلَّهِ. أَشْهَدُ أنْ لآ إلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الَّذِيْ لَا نَبِيّ بعدَهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا النَّاسُ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّ، يٰأَ يُّها الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ. اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ، اَلْأَحْياءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ.

اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتَنِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا إِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عامَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ اللَّهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. وَاَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَ   عٍبَادَ اللهِ، إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتاءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشاءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ، وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ، وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ، وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ

 

(Khutbah Jumat ini ditulis oleh ustaz Jamal Fauzi, Pengajar di Pondok Modern Daarul Hikmah yang diunggah dalam laman resmi Pondok Modern Daarul Hikmah Kabupaten Tangerang Banten)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement