Kamis 19 Oct 2023 14:08 WIB

Jika Mengalami Mimpi Buruk, Baca Doa Ini

Disarankan juga agar tidak menceritakan mimpi buruk ke orang lain.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Beberapa penyakit yang bisa diketahui dari mimpi buruk. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Beberapa penyakit yang bisa diketahui dari mimpi buruk. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setiap manusia pasti pernah mengalami mimpi. Ada kalanya bermimpi tentang sesuatu yang tidak jelas, ada kalanya bermimpi indah dan ada kalanya bermimpi buruk.

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan oleh seorang Muslim saat mengalami mimpi buruk? Abu Bakar Ahmad bin Muhammad bin Ishaq Ad-Dainuri yang dikenal sebagai Ibnu Sunni, salah seorang ulama hadits menjelaskan doa yang bisa dibaca ketika terbangun dari mimpi buruk.

Baca Juga

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahu. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya, "Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Bisa juga membaca doa seperti ini.

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allohumma inni a’zubika min ‘amalis syaithoni wa sayyi-atil ahlam.

Artinya, "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi."

Seseorang yang mengalami mimpi buruk biasanya mengalami kegelisahan dan kekhawatiran, takut mimpi tersebut menjadi kenyataan atau takut mimpi tersebut menjadi pertanda buruk.

Umat Islam disarankan beriman kepada qadha dan qadar, berlindung hanya kepada Allah SWT dan berprasangka baik kepada Allah SWT. Jadi mimpi seperti apapun, tidak perlu khawatir selama kita berbuat baik, benar dan taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.

Disarankan juga agar tidak menceritakan mimpi buruk yang dialami kepada orang lain. Jika masih belum tenang, bisa bangun dan sholat agar lebih tenang dan bisa kembali tidur.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement