Rabu 18 Oct 2023 15:45 WIB

Sayap Malaikat Terbentang di Atas Palestina? Ini Haditsnya

Banyak nabi dan rasul serta orang-orang shaleh yang lahir dan menetap di Palestina.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Aksi solidaritas untuk rakyat Palestina di Boston, Massachusetts, Selasa (16/10/2023) waktu setempat.
Foto:

Mengapa demikian? Jawabannya ada di akhir hadits, yakni keberadaan para malaikat ada di sana, dan ini merupakan petunjuk bahwa yang dimaksud dengannya adalah para malaikat yang penuh kasih sayang.

Disebutkan pula dalam hadits tersebut bahwa sayap malaikat dibentangkan di atas negeri Syam. Artinya, wilayah Syam dan penduduknya itu dijaga dari segala kekafiran.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan Al Qari dan Al Manawi, bahwa malaikat menjaga Syam dengan menurunkan berkah dan pelindung dari kehancuran dan bahaya. Penjelasan ini ada dalam kitab Tuhfah Al Ahwadzi Bi Syarh Jami At Tirmidzi.

Para ulama telah menyatakan bahwa tanah yang mulia dan berkah yang dimaksud adalah seluruh tanah Syam, khususnya Palestina. Allah memilih Palestina sebagai tempat hijrah Nabi Ibrahim AS karena keberkahan dan keunggulannya dibandingkan seluruh wilayah lainnya.

Para sejarawan sangat berhati-hati dalam memahami batas-batas wilayah Syam. Ada yang memperluas wilayahnya hingga mencapai batas utara Suriah Hulu hingga ke perbatasan Jazirah Arab dan menjadikannya Irak. Ada pula yang mempersempit batas hingga membatasi hanya pada batas-batas wilayah tersebut, yakni Palestina dan sekitarnya.

Dalam konteks sekarang ini, Palestina yang sedang mengalami pergolakan akibat penindasan dari pendudukan Israel, pada akhirnya akan meraih kemenangan karena itu adalah tanah yang mulia dan dilindungi Allah SWT. Bahkan malaikat pun berada di sana melalui sayapnya.

sumber : Islamqa
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement