Rabu 18 Oct 2023 14:02 WIB

Surah Al Waqiah, Amalan Nabi Muhammad SAW untuk Kelancaran Rezeki

Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta
Foto: Republika.co.id
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ustadz Ali Amrin al-Qurawy dalam buku Ampuhnya Mukjizat Doa dan Dzikir Para Nabi mengatakan bahwa Surah al-Waqiah adalah Surah yang mampu memberikan kelancaran rezeki bagi manusia.  Siapapun yang mengamalkan membaca surah berjumlah 96 ayat ini, akan dimudahkan dalam mencari rezeki yang halal dan berkah. Sebagaimana Nabi Muhammad Saw. bersabda, "Surah al-Waqiah adalah surah kaya."

Berikut adalah beberapa manfaat Surah al-Waqiah jika diamalkan secara istiqomah:

Baca Juga

1. Tidak akan Pernah Ditimpa Kefakiran

Saat Abdullah bin Mas'ud sakit menjelang wafatnya, ia ditanya oleh Utsman bin Affan, "Apa yang kamu keluhkan?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Dosa-dosaku."

 

Utsman bin Affan bertanya kembali, "Apa yang kamu inginkan?" Ibnu Mas'ud menjawab, "Rahmat Rabb-ku."

Kemudian, Utsman menawarkan harta benda, tetapi Ibnu Mas'ud menerangkan bahwa ia tidak memerlukannya. "Bukankah pemberian itu akan berguna bagi keturunanmu jika kamu wafat?" tanya Utsman.

Ibnu Mas'ud menjawab, "Apakah kamu khawatir jika anak-anak perempuanku akan menjadi fakir? Aku telah mengajarkan kepada mereka untuk membaca Surah al-Waqiah setiap malam. Sebab, aku pernah mendengar Nabi Muhammad Saw. bersabda, 'Barang siapa membaca Surah al-Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan pernah ditimpa kefakiran selamanya." (HR. Ibnu Sunni).

2. Tidak Termasuk Golongan Orang yang Lalai

Ubay bin Ka'ab menjelaskan bahwa Nabi Muhammad bersabda:

"Barang siapa membaca Surah al-Waqiah, maka ia akan dicatat tidak tergolong orang-orang yang lalai."

3. Mengetahui Sifat Surga

Imam Ja'far ash-Shadiq berkata, "Barangsiapa merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah Surah al-Waqiah. Dan, barangsiapa ingin melihat sifat neraka, maka bacalah Surah as-Sajadah."

4. Dicintai oleh Allah Swt dan Manusia

Imam Ja'far ash-Shadiq berkata, "Barang siapa membaca Surah al-Waqiah pada malam Jum'at, maka ia akan dicintai Allah Swt., dicintai oleh manusia, serta tidak melihat kesengsaraan, kefakiran, kebutuhan, dan penyakit dunia.”

5. Berjumpa dengan Allah dalam Keadaan Wajah seperti Bulan Purnama

Imam Muhammad al-Baqir berkata, "Barang siapa membaca Surah al-Waqiah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah Swt dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama."

6. Ditambah Rezeki

Sebagian ulama ada yang memberikan fatwa, barang siapa membaca Surah al-Waqiah setiap hari dan malam dalam satu majelis sebanyak 40 kali, maka selama 40 hari itu pula, Allah Swt. akan menambahkan rezekinya tanpa kesukaran, sekaligus mengalir dari segala penjuru serta membawa berkah.

7. Mendapatkan Kekayaan yang Berlimpah Ruah

Apabila Surah al-Waqiah dibaca 14 kali setelah shalat Ashar, maka orang yang membacanya akan mendapatkan kekayaan yang berlimpah ruah.

8. Menjadi Seorang Hartawan yang Dermawan

Apabila Surah al-Waqiah dibaca 3 kali setelah shalat Subuh dan 3 kali setelah shalat Isya', maka insya Allah tidak akan berlalu waktu satu tahun, orang yang membacanya tersebut akan dijadikan seorang hartawan yang dermawan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement