Selasa 10 Oct 2023 21:50 WIB

7 Golongan yang Doanya Dikabulkan Allah SWT dan 10 Waktu yang Mustajab Bermunajat

Doa adalah senjata ampung orang-orang yang beriman

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa. Ilustrasi. Doa adalah senjata ampung orang-orang yang beriman
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Berdoa. Ilustrasi. Doa adalah senjata ampung orang-orang yang beriman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Doa adalah salah satu cara utama bagi umat Islam untuk berkomunikasi dengan Allah SWT. Doa dalam Islam digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memohon petunjuk, kesembuhan, keberkahan, perlindungan, ampunan, atau untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Doa dapat dilakukan dalam bahasa Arab atau bahasa ibu masing-masing. Bahasa Arab digunakan dalam doa untuk membaca Alquran, sementara doa pribadi bisa dalam bahasa yang lebih dimengerti oleh diri masing-masing.

Baca Juga

Umat Islam dapat berdoa dengan mengangkat tangan. Doa biasanya dimulai dengan memuji Allah SWT, kemudian diikuti dengan permohonan atau ungkapan keinginan, dan diakhiri dengan salam.

Doa dalam Islam adalah cara untuk menjalin hubungan yang lebih dalam dengan Allah SWT dan meminta bimbingan serta berkah-Nya dalam kehidupan sehari-hari. Ini adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting dalam agama Islam.

Berdoa juga termasuk hal yang disukai oleh Allah dan Rasul-Nya. Allah tidak menyukai orang yang tidak berdoa kepadanya karena dianggap sombong. Dalam surat Al-Baqarah ayat 186, Allah SWT berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِيْ عَنِّيْ فَإِنِّيْ قَرِيْبٌ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدّاعِ إِذَا دَعَانِ

Artinya:

“Dan apabila hamba-hamba-ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang aku, maka sesungguhnya aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-ku.” (QS Al-Baqarah ayat 186)

Berdasarkan ayat di atas, Allah SWT pasti akan mengabulkan doa-doa yang dipanjatkan kepada-Nya dan hanya Allah SWT yang tahu kapan dikabulkan. Namun, ada beberapa orang yang doanya tidak akan ditolak Allah SWT.

Berdasarkan beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Majah dan Umar, terdapat tujuh orang yang yang tidak akan ditolak doanya oleh Allah SWT. Ini dia!

1. Doa dari orang tua untuk anaknya

2. Doa orang yang sedang berpuasa

3. Doa orang yang teraniaya

4. Doa pemimpin yang adil

5. Doa seorang musafir (sedang bepergian)

6. Doa seseorang bagi lainnya yang saling berjauhan

7. Doa orang sakit

photo
Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

Doa juga dapat digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperdalam hubungan spiritual. Umat Islam dianjurkan untuk berdoa sepanjang waktu, tetapi ada waktu-waktu tertentu yang sangat dianjurkan untuk berdoa.

Menukil buku “Kumpulan Doa Makbul: Berdoa Sesuai dengan Al-Quran dan Sunnah” karya Neni Nuraini, berikut beberapa waktu yang ampuh terjawab (mustajab) menurut Islam:

1. Pada sepertiga malam

2. Sesudah sholat wajib

3. Antara adzan dan iqamah

4. Saat antara imam (khatib) duduk (di atas mimbar) sampai sholat selesai pada sholat jumat

5. Akhir waktu ashar pada hari jumat

6. Tatkala meminum air Zamzam

7. Tatkala sujud

8. Tatkala hujan turun

9. Ketika berjihad di jalan Allah

10. Pada bulan Ramadhan  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement