Jumat 29 Sep 2023 14:45 WIB

Penganiayaan Siswa SMP di Cilacap, Alquran Sudah Larang Muslim Lakukan Bullying

Orang mukmin adalah bersaudara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Stop Bullying
Foto: Foto : MgRol_92
Ilustrasi Stop Bullying

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bully dalam bahasa Indonesia adalah perundungan yang memiliki arti mengganggu, mengusik terus-menerus dan menyusahkan. Di Indonesia sering terjadi perundungan di kalangan anak-anak sekolah.

Baru-baru ini perundungan yang dilakukan siswa SMP terjadi di Cilacap dan viral di media sosial. Polisi juga sudah menangkap pelaku bullying atau perundungan tersebut. 

Baca Juga

Alquran dalam Surat Al Hujurat Ayat 11 telah mengisyaratkan orang-orang beriman tidak melakukan perundungan agar persaudaraan sesama Muslim tetap terjaga.  

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِّنْ قَوْمٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُوْنُوْا خَيْرًا مِّنْهُمْ وَلَا نِسَاۤءٌ مِّنْ نِّسَاۤءٍ عَسٰٓى اَنْ يَّكُنَّ خَيْرًا مِّنْهُنَّۚ وَلَا تَلْمِزُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوْا بِالْاَلْقَابِۗ بِئْسَ الِاسْمُ الْفُسُوْقُ بَعْدَ الْاِيْمَانِۚ وَمَنْ لَّمْ يَتُبْ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ 

Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan itu) lebih baik daripada mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olok) perempuan lain (karena) boleh jadi perempuan (yang diolok-olok itu) lebih baik daripada perempuan (yang mengolok-olok). Janganlah kamu saling mencela dan saling memanggil dengan julukan yang buruk. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) fasik setelah beriman. Siapa yang tidak bertobat, mereka itulah orang-orang zalim. (Quran Surat Al Hujurat Ayat 11)

Ayat tersebut mengandung arti, setelah Allah menerangkan bahwa orang-orang mukmin adalah bersaudara, ayat ini menjelaskan tuntunan agar persaudaraan itu tetap terjaga. Wahai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum, yakni kelompok pria, mengolok-olok kaum, yakni kelompok pria yang lain karena boleh jadi mereka yang diperolok-olokkan lebih baik dari mereka yang mengolok-olok.

Jangan pula perempuan-perempuan mengolok-olokkan perempuan lain karena boleh jadi perempuan yang diperolok-olokkan lebih baik dari perempuan yang mengolok-olok. Janganlah kamu saling mencela satu sama lain dengan ucapan, perbuatan atau isyarat, dan janganlah saling memanggil dengan gelar-gelar yang dinilai buruk oleh orang yang kamu panggil itu sehingga menyakiti hatinya. 

 

 

Seburuk-buruknya panggilan adalah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement