Jumat 29 Sep 2023 14:45 WIB

Penganiayaan Siswa SMP di Cilacap, Alquran Sudah Larang Muslim Lakukan Bullying

Orang mukmin adalah bersaudara.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Stop Bullying
Foto:

Seburuk-buruk panggilan adalah panggilan yang buruk fasik setelah iman. Yakni seburuk-buruk panggilan kepada orang-orang mukmin adalah jika mereka disebut orang-orang fasik sesudah mereka dahulu disebut sebagai golongan yang yang beriman. 

Siapapun yang tidak bertobat, setelah melakukan kefasikan, maka mereka itulah orang-orang yang zalim kepada diri sendiri dan karena perbuatannya itu maka Allah menimpakan hukuman atasnya. (Tafsir Ringkas Kementerian Agama)

Dalam ayat ini menurut Tafsir Lengkap Kementerian Agama, Allah mengingatkan kaum mukmin supaya jangan ada suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain karena boleh jadi, mereka yang diolok-olok itu pada sisi Allah jauh lebih mulia dan terhormat dari mereka yang mengolok-olokkan. 

Demikian juga di kalangan perempuan, jangan ada segolongan perempuan yang mengolok-olok perempuan yang lain karena boleh jadi, mereka yang diolok-olok itu pada sisi Allah lebih baik dan lebih terhormat daripada perempuan-perempuan yang mengolok-olok.  

Allah melarang kaum mukmin mencela kaum mereka sendiri karena kaum mukmin semuanya harus dipandang satu tubuh yang diikat dengan kesatuan dan persatuan. Allah melarang juga memanggil dengan panggilan yang buruk seperti panggilan kepada seseorang yang sudah beriman dengan kata-kata hai fasik, hai kafir, dan sebagainya. 

 

"Perumpamaan orang-orang mukmin dalam kasih mengasihi dan sayang-menyayangi antara mereka seperti tubuh yang satu, jika salah satu anggota badannya sakit demam, maka badan yang lain merasa demam dan terganggu juga. (Riwayat Muslim dan Ahmad dari an-Nu‘man bin Basyir)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement