Kamis 28 Sep 2023 07:53 WIB

12 Argumentasi Adanya Kehidupan di Luar Planet Bumi dari Alquran dan Ilmu Modern

Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong. Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi
Foto: cnsa
Foto planet Mars yang diambil rover China Zhurong. Alquran mengisyaratkan adanya kehidupan di luar planet bumi

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada sejumlah argumentasi yang menjadi petunjuk tentang adanya kehidupan di luar planet bumi. Alquran pun memberikan petunjuk itu. 

Ini dapat diketahui melalui sejumlah ayat dalam Alquran yang mendukung teori yang menyebut ada kehidupan di luar bumi dan sejumlah argumentasi lainnya, sebagai berikut: 

Baca Juga

1. Beberapa ayat dalam Alquran membenarkan adanya sejumlah planet yang didasari tujuh bumi. Tujuh bumi ini dilandaskan pada Surat at-Talaq ayat 12 sebagaimana berikut:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَمِنَ الْأَرْضِ مِثْلَهُنَّ يَتَنَزَّلُ الْأَمْرُ بَيْنَهُنَّ لِتَعْلَمُوا أَننَّ اللَّهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ وَأَنَّ اللَّهَ قَدْ أَحَاطَ بِكُلِّ شَيْءٍ عِلْمًا 

 

"Allah-lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Mahakuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Allah ilmu-Nya benar-benar meliputi segala sesuatu." Kemudian juga Surat az-Zumar ayat 67, Allah SWT berfirman:

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ ۚ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىٰ عَمَّا يُشْرِكُونَ

"Dan mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari Kiamat dan langit digulung dengan tangan kanan-Nya. Mahasuci Dia dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan. (QS Az-Zumar ayat 67)

Sahabat Nabi Muhammad SAW, Abdullah bin Abbas RA, pernah ditanya tentang tafsir Surat at-Talaq ayat 12 itu.

"Itu adalah tujuh bumi (tanah/daratan), di setiap bumi ada nabi seperti nabi kalian, Adam seperti Adam, Ibrahim seperti Ibrahim, Nuh seperti Nuh, dan Isa seperti Isa," demikian penjelasan Ibnu Abbas RA. 

2. Ketika pesawat ruang angkasa "Viking" yang mendarat di Mars pada 1976 dan membenarkan keberadaan unsur kimia berbasis karbon yang menjadi dasar kehidupan seperti yang dikenal di planet bumi ini. 

Baca juga: Temuan Peneliti Amerika Serikat dan NASA Ini Buktikan Kebenaran Alquran tentang Kaum Ad

3. Ketiga adalah sebagaimana yang terjadi pada 1977, ketika teleskop radio Universitas Ohio menangkap sinyal radio yang berasal tidak jauh dari bumi. Salah satu hipotesis saat itu yakni sinyal tersebut berasal dari pesawat luar angkasa yang sedang melintas di dekat bumi.

4. Ketika NASA pada 1996 menemukan jejak mikroba hidup di meteorit yang jatuh di Antartika. Ini adalah bukti nyata pertama keberadaan kehidupan selain manusia di alam semesta. 

5. Berdasarkan pengetahuan astronomi baru, pada 2001, persamaan astronom Frank Drake dikembangkan terkait banyaknya kehidupan di alam semesta. 

Pengetahuan ini pertama kali dikembangkan pada 1961. Setelah menambahkan data baru, kemungkinan keberadaan planet dengan kehidupannya meningkat dari beberapa ratus menjadi lebih dari 20 ribu planet.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement