Rabu 20 Sep 2023 19:03 WIB

Dahulukan Shalawat Nabi Muhammad SAW Sebelum Berdoa, Ini Alasannya

Ada keutamaan bagi yang membaca shalawat Nabi Muhammad.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Mencintai Nabi Muhammad SAW (ilustrasi)
Mencintai Nabi Muhammad SAW (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Dalam Islam terdapat kalimat yang jika dibaca oleh seorang Muslim maka dia akan mendapatkan karunia yang besar. Dengan membacanya, maka seorang Muslim akan terhindar dari malapetaka.

Kalimat bacaan tersebut ialah sholawat Nabi Muhammad SAW. Mufti Mesir Syekh Dr Syauqi Allam memaparkan soal mengapa sholawat begitu besar keutamaannya bagi seorang Muslim.

Baca Juga

"Nabi Muhammad SAW adalah rahmat Allah SWT untuk alam semesta. Diutusnya Nabi SAW menjadi faktor datangnya kebaikan dan penangkal kejahatan sekaligus bahaya dari semua makhluk di dunia dan akhirat," kata Syekh Allam, seperti dilansir Masrawy.

Seorang Muslim yang membaca sholawat Nabi SAW, maka dia akan mendapatkan syafaat. Dengan sholawat, maka turunlah rahmat Allah SWT, sehingga sepatutnya bagi seorang Muslim yang ingin hajatnya terkabul, maka hendaklah memulai doanya dengan membaca sholawat.

 

Rasulullah SAW bersabda:

سمعَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ رجلًا يَدعو في صلاتِهِ لم يُمجِّدِ اللَّهَ تعالى ولم يُصلِّ علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ فقالَ رسولُ اللَّهِ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ عجِلَ هذا ثمَّ دعاهُ فقالَ لَهُ أو لغيرِهِ إذا صلَّى أحدُكُم فليَبدَأ بتَمجيدِ ربِّهِ جلَّ وعزَّ والثَّناءِ علَيهِ ثمَّ يصلِّي علَى النَّبيِّ صلَّى اللَّهُ عليهِ وسلَّمَ ثمَّ يَدعو بَعدُ بما شاءَ

Jika salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).

Sholawat juga bisa mendatangkan banyak kebaikan dan membuat seorang Muslim terhindar dari keburukan atau malapetaka. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh generasi salaf dan para imam, yang dikutip oleh Syekh Syauqi Allam. Bahkan ulama berpendapat, sholawat Nabi adalah di antara mukjizat Nabi SAW.

Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang besarnya keutamaan sholawat, sebagai berikut:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

"Siapa yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah akan bersholawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement