Selasa 29 Aug 2023 16:02 WIB

Doa Memohon Perlindungan ketika Gempa Bumi

Dianjurkan untuk membaca doa ketika terjadi gempa bumi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
 Dianjurkan untuk membaca doa ketika terjadi gempa bumi. Foto:  Gempa Bumi - Ilustrasi
Foto: EPA/NESTOR BACHMANN
Dianjurkan untuk membaca doa ketika terjadi gempa bumi. Foto: Gempa Bumi - Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 7,4 mengguncang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan (Sulsel), pada Selasa (29/8/2023) dini hari. Pusat gempa berada di laut 180 kilometer tenggara Tanah Bumbu, Kalsel dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebagai umat Islam, dianjurkan untuk membaca doa ketika terjadi gempa bumi. Memohon perlindungan Allah, dzat yang maha berkehendak atas apa-apa yang terjadi di muka bumi. Dikutip dari buku Tadabur Doa Sehari-Hari karya Jumal Ahmad, adapun lafal doa yang dianjurkan saat peristiwa gempa terjadi adalah sebagai berikut:

Baca Juga

Abdullah bin Umar radhiyallahu anhuma meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad shallallahu alaihi wa sallam apabila bermusafir dan tiba waktu malam, maka Baginda akan berdoa:

يا أرض ربي وربك الله، أعوذ بالله من شرك، ومن شر ما

فيك، وشر ما خلق فيك، وشر ما يدب عليك

Yaa ardhu robbi wa rabbukallah, a’udubillahi min Sarrika wamin Sarri ma fiika, wamin Sarri maa huliqa fika wamin sarri maa yadibbu 'alaika.

Artinya: "Wahai bumi, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah. Aku berlindung kepada Allah daripada keburukanmu, daripada keburukan yang terkandung di dalammu, daripada keburukan yang diciptakan yang terkandung di dalammu, dan daripada keburukan yang melata atas dasarmu". (HR Abu Dawud, dinilai Hasan oleh ibn Hajar).

Al-'Azim al-Abbad, penulis 'Awn al-Ma'bad Syarh Sunan Abu Daud menulis bahwa maksud memohon perlindungan daripada keburukan bumi adalah memohon perlindungan daripada bencana yang berlaku pada zat bumi, seperti gempa, tanah longsor, dan lainnya.

Lafal doa lain

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيعِ سَخَطِكَ

Allahumma inni a'udzubika min zawaali ni'matika, wa tahawwuli 'aafiyatika wa fujaati ni'matika wa jami’i sakhotika.

*Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, dan dari pindahnya keselamatan yang Engkau berikan, dan dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, serta dari seluruh murka-Mu'." (Doa ini diriwayatkan oleh Muslim)

Sebagian ulama menganjurkan untuk membaca doa ini ketika terjadi bencana banjir, longsor atau gempa yang datang secara tiba-tiba seperti hari-hari ini. Semoga Allah, selamatkan saudara kita yang sedang tertimpa gempa atau musibah lainnya dan memberi ketegaran dan kekuatan untuk menghadapi musibah tersebut serta tetap husnudzon kepada Allah swt.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement