Ahad 27 Aug 2023 07:45 WIB

Menghadiahkan Bacaan Alquran Bagi Orang yang Sudah Meninggal

Menghdiahkan bacaan alquran kepada yang sudah wafat dibolehkan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi membaca Alquran.
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Ilustrasi membaca Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang-orang yang telah meninggal dunia akan sangat senang manakala ada orang yang masih hidup datang berziarah dan menghadiahkan bacaan Alquran untuknya. Maka bacaan-bacaan Alquran itu menjadi wasilah dagangnya rahmat Allah ta'ala bagi orang yang telah meninggal itu. 

Abu Muhammad Abdul Haq pernah mendapatkan keterangan dari seorang wanita tentang apa yang terjadi setelah ia membacakan Alquran dengan niat menghadiahkan bacaan Alquran itu kepada rekannya yakni seorang wanita yang telah meninggal. Lalu keesokan harinya, ia bermimpi bahwa wanita yang telah meninggal itu berada dalam majelis atau perkumpulan yang baik di tempat yang baik di akhirat. 

Baca Juga

قال أبو محمد : ورأيت لبعض من يوثق بحديثه قال: ماتت لي امرأة فقرأت في بعض الليالي آيات من القرآن فأهديتها لها ودعوت الله عز وجل ، واستغفرت لها وسألت ، فلما كان في اليوم التالي حدثتني امرأة تعرفها وتعرفني قالت لي: رأيت البارحة فلانة في النوم يعني الميتة المذكورة ، في مجلس حسن ، في دار حسنة .

Abu Muhammad berkata: dan aku mendapati sebagian orang yang dipercaya ceritanya berkata: seorang wanita meninggal, maka aku membaca di sebagian malamku ayat-ayat Alquran, maka aku menghadiahkan bacaan Alquran untuk wanita itu dan aku berdoa pada Allah, dan aku memohonkan ampun untuknya. Maka ada keesokan harinya datang kepadaku dan bercerita padaku seorang wanita yang mengenalnya (wanita yang meninggal itu) dan mengenal aku, lalu wanita itu berkata padaku: 'aku kemarin melihat si fulanah dalam mimpiku yakni mayit yang disebutkan itu, dia di dalam perkumpulan yang baik di dalam rumah yang baik. (Liat kitab at-tadzkirah karya Imam Qurthubi terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman  287-288)

Menurut Imam Qurthubi, hadiah bacaan Alquran sampai kepada orang yang meninggal. Orang yang meninggal mendapat rahmat sebab mendengarkan bacaan Alquran orang yang masih hidup. Sedang orang yang masih hidup dan menghadiahkan bacaan Alquran itu kepada orang yang telah meninggal juga tidak akan kehilangan pahalanya. Ia tetap mendapatkan pahala karena membaca Alquran. 

وقد قيل: إن ثواب القراءة للقارئ وثواب الاستماع للميت ، وكذلك تلحقه الرحمة ، قال الله تعالى : وَإِذَا قُرِئَ الْقُرْآنُ فَاسْتَمِعُوا لَهُ وَأَنْصِتُوا لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ . الأعراف ٢٠٤

Dan dikatakan bahwa pahala membaca Alquran bagi orang yang membacanya dan pahala mendengarkan bacaan Alquran bagi mayat. Dan itu semua merupakan Rahmat baginya. Sebagaimana firman Allah ta'ala: "Dan apabila dibacakan Al Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat (surat Al Araf ayat 204)"

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement