Kamis 10 Aug 2023 21:21 WIB

10 Wirid Setelah Sholat Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Menurut Imam Al Ghazali

Wirid setelah sholat sangat dianjurkan untuk meraih pahala.

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi wirid. Wirid setelah sholat sangat dianjurkan untuk meraih pahala
Foto:

Keenam

سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ وَبِحَمْدِهِ Subhanallahil 'adzimi wabihamdih

Artinya: Mahasuci Allah, segala puji bagi-Nya semata. Mahasuci Allah Yang Maha Agung

Ketujuh

اسْتَغْفِرْ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ، وَاسْأَلْهُ التَّوْبَةَ وَالْمَغْفِرَةَ

Astagfirullahal 'adzim Allazina laa Ilaaha Illa huwal hayyul qayyumu wa asaluhu attaubata wal maghfiroh

Artinya: Aku memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung. Yang fiada Tuhan melainkan Dia. Yang Maha Hidup dan Maha Kuasa. Aku memohon ampunan dan diterimanya taubat.

Kedelapan

اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلَا رَادَّ لِمَا قَضَيْتَ وَلَا يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ.

Allahumma laa maani'a lima a'thoita wala mu'thiya limaa mana'ta wala rooda lima qodoiyta walaa yanfa'u dzaljaddi minkal jadu

Artinya: Ya Allah, tiada ada sesuatu pun yang dapat mencegah apa yang Engkau berikan. Dan tidak ada sesuatu pula yang dapat menarik apa yang Engkau cegah. Tidak ada pula sesuatu yang dapat menolak ketentuan-Mu. Dan tidak berguna kekayaan seseorang yang kaya raya kelak disisi-Mu.

Kesembilan 

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ Allahumma Sholli 'ala Muhammad wa 'ala Aali Muhammad 

Artinya: Ya Allah, sampaikanlah sholawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga beliau.

Kesepuluh 

بِاسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahilladzi laa yandhuru ma'asmihi syaiin fiyl Ardhi wala fis samaa i wahuwas samiy'ul 'adziym

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, yang dengan nama-Nya sesuatu yang berada di langit dan di bumi tidak akan membuat sesuatu kemadharatan. Dan Dia adalah Mahamendengar Lagi Mahamengetahui.

Baca juga: Alquran Bukan Kalam Allah SWT Menurut Panji Gumilang, Ini Bantahan Tegas Prof Quraish

Imam Al Ghazali menganjurkan agar sepuluh kalimat tersebut dibaca 100 kali atau 70 kali atau paling sedikit 10 kali. Dianjurkan membaca wirid tersebut setelah sholat subuh dan tidak bicara sampai matahari terbit. Maka bagi orang yang melakukannya akan memperoleh banyak keutamaan. 

ولازم هذه الأوراد ولا تتكلم قبل طلوع الشمس ففي الخبر : إن ذلك أفضل من إعتاق ثماني رقاب من ولد إسماعيل على نبينا وعليه الصلاة والسلام ، أعني: الاشتغال بالذكر إلى طلوع الشمس من غير أن يتخلله كلام. 

 

Dan istiqamahkan dzikir-dzikir ini dan jangan berbicara sebelum terbitnya matahari , sebagaimana disebutkan dalam hadits: menahan tidak bicara sampai terbit matahari (digunakan untuk berzikir) itu lebih utama dibanding memerdekakan delapan budak dari anak cucunya nabi Ismail. Yaitu yang  dimaksud, sibuk mengisi waktu dengan dzikir sampai keluarnya matahari tanpa menyela dzikir dengan bicara.     

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement