Kamis 10 Aug 2023 10:23 WIB

Bolehkah Membentangkan Kain untuk Menutupi Jenazah yang Dikubur?

Proses penguburan jenazah dijelaskan oleh Imam Qurthubi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah warga berziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebun Bunga Palembang,Sumsel, Senin (2/5/2022). Tradisi ziarah makam saat idul fitri dilakukan warga bersama keluarga untuk mendoakan sanak keluarga yang sudah wafat
Foto: ANTARA/Feny Selly
Sejumlah warga berziarah di Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebun Bunga Palembang,Sumsel, Senin (2/5/2022). Tradisi ziarah makam saat idul fitri dilakukan warga bersama keluarga untuk mendoakan sanak keluarga yang sudah wafat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika proses memasukkan jenazah ke dalam kubur, apakah boleh bagi orang yang hidup membentangkan kain di atas kuburan untuk menutupi jenazah yang sedang dikubur tersebut sampai selesai proses penguburan?

Tentang pembahasan membentangkan kain di atas kuburan saat proses penguburan jenazah untuk menutupi jenazah yang dikubur dijelaskan oleh Imam Qurthubi dalam kitab at Tadzkirah terbitan Maktabah Darul Minhaj halaman 271-273.

Baca Juga

Imam Qurthubi menukil beberapa riwayat dan menjelaskan beberapa pendapat tentang membentangkan kain di atas kuburan saat proses penguburan jenazah.

أبو هدبة إبراهيم بن هدبة قال حدثنا أنس بن مالك أن رسول الله ﷺ : تبع جنازة فلما صلى عليها دعا بثوب فبسط على القبر وهو يقول: لا تطلعوا في القبر فإنها أمانة ، فلعسى يحل العقد فترى حية سوداء مطوقة في عنقه فإنها أمانة ولعله يؤمر به فيسمع صوت السلسلة ، فإنها أمانة.

 

Artinya: Abu Hadbah Ibrahim Hadbah berkata, telah menceritakan pada kami Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW pernah mengikuti jenazah, maka setelah mensholati atas jenazah tersebut, Rasulullah meminta kain. Maka, rasul membentangkan kain tersebut di atas kuburan, lalu rasul berkata: Jangan engkau sekalian melihat ke dalam kubur karena sesungguhnya jenazah itu amanat. Barangkali tali kafannya terlepas, lalu ada seseorang yang melihat seekor ular hitam yang melilit leher mayit, sesungguhnya mayit itu amanah. Barangkali mayit itu disiksa lalu terdengar suara rantai,".

وذكر عبد الرزاق عن ابن جريج عن الشعبي عن رجل أن سعد بن مالك قال : أمر النبي ﷺ بثوب فستر على القبر حين دفن سعد بن معاذ فيه قال : وقال سعد: إن النبي ﷺ نزل في قبر سعد بن معاذ وستر على القبر بثوب فكنت فيمن أمسك الثوب.

Dan dikatakan oleh Abdur Rozaq dari Ibnu Juraij dari Asy Sya'bi dari seorang lelaki bahwa Sa'ad bin Malik berkata Nabi SAW memerintahkan mengambil kain maka beliau menutup atas kubur ketika mengubur Sa'ad bin Mu'adz. Perawi berkata: Sa'ad berkata: Sesungguhnya nabi SAW turun ke dalam kubur Sa'ad bin Mu'adz dan menuruti kubur dengan kain maka aku pun memegang kain itu.

Imam Qurthubi menjelaskan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement