Senin 07 Aug 2023 13:03 WIB

Doa Setelah Sholat, Mohon Diberi Kebaikan dan Dilindungi dari Kejelekan

Dianjurkan untuk membaca dzikir dan doa usai sholat.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa usai sholat (Ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Doa usai sholat (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Setelah melakukan sholat dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa. Setelah membaca tasbih, tahmid, takbir dan tahlil, dianjurkan untuk membaca doa yang kalimat-kalimatnya itu mencakup banyak hal. Maksudnya kalimat doa tersebut mencakup apa-apa yang paling penting dibutuhkan oleh seorang hamba.

Imam Al Ghazali menuliskan dalam kitab Bidayatul Hidayah doa yang ringkas yang dibaca setelah sholat namun memuat hal yang penting bagi setiap hamba. Doa ini diajarkan Rasulullah kepada Aisyah Radhiyallahu Anha. Berikut doanya:

Baca Juga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُك مِن الْخَيْرِ كُلِّهِ ، عَاجِلْه وَآجِلُه ، مَا عَلِمْت مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَم، وَأَعُوذُ بِك مِن الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجَلَهُ وَآجِلُهُ ، مَا عَلِمْت مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ ، وَأَسْأَلُك الْجَنَّةَ وَمَا يقَرب إلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ   أو نية أَوْ اعْتِقَادٍ ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ النَّارِ وَمَا يقَرب إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ أَوْ  نية أو اعْتِقَادٍ ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

وَأَعُوذُ بِكَ مِن الشَّرِّ مااسْتَعَاذَكَ مِنْهُ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اللَّهُمَّ وَمَا قَضَيْتَ لِي مِنْ أَمْرٍ فَاجْعَلْ عَاقِبَتَهُ رُشْدًا. 

 

Allahumma inny asaluka minal khoiri kullihi, 'aajilihi wa 'aajilihi, maa 'alimtu minhu wa maa lam a'lam, wa 'audzubika minas syarri kullihi 'ajilahu wa aajiluhu, maa 'alimtu minhu minhu wamanlam a'lam. Wa asalukal jannata wa ma yu qorribu ilaiha min qouli au 'amalin au niyatin au'tiqodin, wa a'udzubika min naari wama yuu qorribu ilaiha min qoulin au 'amalin au AU niyatin au 'i'tiqodi, wa asaluka min khoiri ma sa alaka minhu habduka wa nabiyyuka Muhammadan shollallahu 'alaihi wa salama. Wa a'udzubika min syarri ma ista'adzaka minhu abduka wanabiyyuka Muhammad shollallahu 'alaihi wa salama. Allahumma wamaa qodhoyta liy min Amrin faj'al 'aaqinatahu rusydan.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu  kebaikan seluruhnya, dari kebaikan dunia dan kebaikan akhirat, yang aku mengetahui akan kebaikan itu dan yang aku tidak ketahui akan kebaikan itu. Dan aku memohon perlindungan-Mu, dari setiap perkara yang jelek seluruhnya, dari kejelekan dunia dan kejelekan akhirat, yang aku mengetahui kejelekan itu dan yang aku tidak ketahui akan kejelekan itu. Dan aku memohon kepada-Mu surga, dan apa-apa yang mendekatkan kepada surga baik dari ucapan, perbuatan, niat dan iktikad. Dan aku memohon perlindungan-Mu dari neraka dan dari apa-apa yang mendekatkan kepada neraka baik dari ucapan, perbuatan, niat dan iktikad. Dan aku memohon pada-Mu dari sebaik-baiknya perkara yang dimohon oleh hamba-Mu dan nabi-Mu Muhammad SAW. Dan aku memohon perlindungan-Mu dari setiap keburukan yang dimohon oleh hamba-Mu dan nabi-Mu Muhammad SAW. Ya Allah, apa saja yang telah Engkau tetapkan padaku dari setiap perkara maka jadikanlah akibat dari semuanya itu baik. (lihat Bidayatul Hidayah halaman 101 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement