Senin 07 Aug 2023 14:08 WIB

Pahala Sholat Dhuha Setara Umroh, Masih Mau Meninggalkannya?

Mengejarkan sholat dhuha bisa meraih pahala yang besar.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilustrasi sholat dhuha.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Ilustrasi sholat dhuha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hadits disebutkan tentang seberapa besar pahala sholat dhuha yang dikerjakan oleh seorang Muslim. Pahalanya sungguh besar dan bahkan setara dengan ibadah yang membutuhkan dana tak sedikit dan perjalanan yang jauh.

Penjelasan soal pahala sholat dhuha ini dijelaskan oleh Pusat Al-Azhar Internasional untuk Fatwa Elektronik, sebagaimana dilansir laman Elbalad. Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

 «مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ، وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لَا يَنْصِبُهُ إِلَّا إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ، وَصَلَاةٌ عَلَى أَثَرِ صَلَاةٍ لَا لَغْوَ بَيْنَهُمَا كِتَابٌ فِي عِلِّيِّينَ». [أخرجه أبو داود]

"Siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju (untuk melaksanakan) sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji. Siapa yang keluar untuk sholat Sunnah Dhuha, yang dia tidak melakukannya kecuali karena itu, maka pahalanya (setara dengan) orang yang berumroh. Dan (melakukan) shalat setelah shalat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, maka pahalanya ditulis di ‘illiyyin (kitab catatan amal orang-orang shalih)." (HR Abu Daud)

Adapun jumlah rakaat sholat dhuha tidak perlu bingung memikirkannya. Sholat dhuha boleh dikerjakan dengan 2 rakaat. Lebih juga boleh. Batas maksimal rakaat sholat dhuha menurut mayoritas ulama yaitu 8 rakaat. Dalilnya merujuk pada hadits yang diriwayatkan dari Ummu Haani:

عن أم هانئ رضي الله عنها: أنها رأت النبي ﷺ يومَ الفتحِ صلَّى سُبحةَ الضُّحى ثمانيَ ركعاتٍ يسلِّمُ من كلِّ ركعتينِ

Dari Ummu Haani’ RA, dia melihat Nabi Muhammad SAW pada saat pembebasan kota Makkah melakukan sholat dhuha delapan rakaat, dan beliau salam setiap dua rakaat." (HR Abu Dawud)

Namun Nabi Muhammad SAW berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Aisyah RA, biasanya mengerjakan sholat dhuha 4 rakaat. Dasarnya hadits berikut ini:

عن عائشةَ رَضِيَ اللهُ عنها، قالت:  كان رسولُ الله صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يُصلِّي الضحى أربعًا، ويَزيد ما شاءَ الله

"Dari Aisyah RA, dia berkata bahwa Rasulullah SAW biasa sholat dhuha empat rakaat. Dan beliau menambah berapa pun yang dikendaki Allah SWT." (HR Muslim)

Sumber:

https://www.elbalad.news/5023060

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement