Kamis 03 Aug 2023 12:43 WIB

Hadits Berpegang Teguh pada Alquran maka Tidak akan Tersesat Selamanya 

Alquran merupakan petunjuk kehidupan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Dalam Alquran tertulis ayat yang menunjukan larangan melakukan zina (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Dalam Alquran tertulis ayat yang menunjukan larangan melakukan zina (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran merupakan mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Umat islam diperintahkan untuk berpegang teguh pada Alquran agar mereka tidak akan tersesat selama-lamanya.

Seperti dikutip dari buku 40 Hadits Keutamaan Alquran oleh Syaikh Abu Muhammad Al-Biqa’i Asy-Syami Al-Atsari berikut hadits perintah untuk berpegang teguh pada Alquran:

Baca Juga

عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ الْخُزَاعِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: أَبْشِرُوا وَأَبْشِرُو! أَلَيْسَ تَشْهَدُونَ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ؟ قَالُوا: نَعَمْ، قَالَ: فَإِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ سَبَبٌ طَرَفُهُ بِيَدِ اللَّهِ وَطَرَفُهُ بِأَيْدِيكُمْ، فَتَمَسَّكُوا بِهِ، فَإِنَّكُمْ لَنْ تَضِلُّوا وَلَنْ تَهْلِكُوا بَعْدَهُ أَبَدًا

Dari Abu Syuraih Al-Khuza’i radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menemui kami lalu bersabda, “Bergembiralah dan bergembiralah kalian! Bukankah kalian bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah?” Mereka menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya Alquran ini ujungnya terhubung di tangan Allah dan ujung yang lain terhubung di tangan kalian, maka pegang teguhlah ia, karena kalian tidak akan tersesat dan binasa setelah itu selamanya.” 

[Shahih: Shahih Ibnu Hibban (no. 122, I/329), Mushannaf Ibnu Abi Syaibah (no. 30006, VI/125), Al-Mu’jam Al-Kabir Ath-Thabarani (no. 491, XXII/108), dan Syu’abul Iman Al-Baihaqi (no. 201, II/352)]

Alquran menjadi pedoman umat Islam. Di dalamnya terdapat muatan aturan kehidupan. Ada aturan mengenai keharusan mendirikan sholat, puasa, zakat, haji, dan lainnya. 

Di dalamnya juga terdapat sejarah umat pada masa lalu. Ada gambaran mengenai Nabi Yusuf yang diberikan keutamaan berupa matahari, bulan, dan planet yang ada di alam ini, bersujud menghormati Nabi Yusuf. Juga ada kemuliaan Nabi Yusuf berupa kemampuan membaca mimpi dan Allah melindungi Nabi Yusuf dari perbuatan Zina.

Masih banyak lagi hal menarik dalam Alquran yang menjadi petunjuk umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement