Kamis 03 Aug 2023 12:31 WIB

Gambaran Alquran Menghadirkan Syafaat pada Hari Kiamat, Ini Penjelasannya

Alquran menjadi syafaat buat setiap pembacanya di hari kiamat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi anak anak pencinta Alquran.
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Ilustrasi anak anak pencinta Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam diperintahkan untuk membaca Alquran, sebab kitab suci ini akan datang pada hari kiamat untuk memberi syafaat. Sejumlah surah di dalamnya juga memiliki banyak keutamaan. 

Seperti dikutip dari buku 40 Hadits Keutamaan Alquran oleh Syaikh Abu Muhammad Al-Biqa’i Asy-Syami Al-Atsari berikut hadis Alquran datang pada Hari Kiamat untuk memberikan syafaat:

Baca Juga

عن أَبِي أُمَامَةَ الْبَاهِلِيّ رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللّٰهِ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ، اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافٍّ تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا، اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ  قَالَ مُعَاوِيَةُ: بَلَغَنِي أَنَّ الْبَطَلَةَ السَّحَرَةُ

Dari Abu Umamah Al-Bahili Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, 

“Bacalah Alquran karena dia akan datang pada hari Kiamat sebagai pemberi syafaat bagi pemiliknya. Bacalah az-Zahrawain, yakni al-Baqarah dan surah Ali Imran karena keduanya akan datang pada kiamat bagaikan dua awan atau bagaikan dua naungan atau bagaikan dua sayap burung yang menaungi pemiliknya. Bacalah surah al-Baqarah karena mengambilnya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian dan bathalah tidak mampu melawannya.” al Bathalah adalah sihir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement