Selasa 01 Aug 2023 13:12 WIB

Sejak 14 Abad Lalu, Alquran Juga Isyaratkan Teori Big Bang Terciptanya Alam Semesta

Teori big bang disinggung dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 30

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi big bang. Teori big bang disinggung dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 30
Foto: EPA-EFE/NASA/JPL-Caltech
Ilustrasi big bang. Teori big bang disinggung dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 30

REPUBLIKA.CO.ID JAKARTA –  Big-Bang atau Teori Ledakan Dahsyat atau Model Ledakan Dahsyat merupakan sebuah peristiwa yang menyebabkan pembentukan alam semesta berdasarkan kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta.

Berdasarkan teori ledakan dahsyat, pemodelan alam semesta awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat. Kemudian terjadi Big-Bang, selanjutnya alam semesta yang berisi milyaran galaksi, bintang, planet, satelit, asteroid dan benda-benda langit lainnya terus  mengembang secara terus menerus hingga hari ini.

Baca Juga

Big-Bang diyakini sebagai peristiwa yang menyebabkan terbentuknya alam semesta. Teori Big-Bang ini didasarkan pada kajian kosmologi mengenai bentuk awal dan perkembangan alam semesta.

Dalam buku Alquran dan Sains yang ditulis KH Ahmad Sarwat Lc dijelaskan, berdasarkan teori Big-Bang ini, dikatakan bahwa alam semesta awalnya dalam keadaan sangat panas dan padat. Kemudian mengembang secara terus menerus hingga saat ini. Hal tersebut ternyata sudah diisyaratkan dan disampaikan dalam Alquran, tepatnya pada Surat Al-Anbiya ayat 30. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ  اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

“Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?” (QS Al-Anbiya ayat 30)

Baca juga: Alquran Isyaratkan Luar Angkasa Hampa Oksigen Sejak 14 Abad Lalu  

Ayat tersebut seolah mengisyaratkan awalnya alam semesta menyatu dan sangat padat. Kemudian terjadi seperti yang digambarkan teori Big-Bang, sehingga benda yang awalnya sangat padat dan besar terus mengembang terpisah-pisah. Ada yang menjadi galaksi, bintang, planet termasuk planet bumi dan benda-benda langit lainnya. 

Sebuah teori ilmu pengetahuan modern...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement