Kamis 27 Jul 2023 14:42 WIB

Doa Mohon Rahmat dan Petunjuk Dibaca saat Itikaf Sesudah Qobliyah Subuh

Dianjurkan itikaf di masjid setelah qobliyah subuh.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Doa Mohon Rahmat dan Petunjuk Dibaca saat Itikaf Sesudah Qobliyah Subuh. Foto:  itikaf (ilustrasi)
Foto: ANTARA
Doa Mohon Rahmat dan Petunjuk Dibaca saat Itikaf Sesudah Qobliyah Subuh. Foto: itikaf (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Ketika telah melaksanakan sholat sunah tahiyatul masjid dan sholat sunah qobliyah, maka hendaknya seseorang yang berada di masjid untuk duduk dan berniat itikaf. Setelah itu memperbanyak membaca doa. Salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca adalah doa memohon rahmat dan petunjuk dari Allah SWT sebagaimana yang dibaca Rasulullah SAW. Berikut doanya:

اللَّهُمَّ إنِّي أَسْأَلُك رَحْمَةً مِنْ عِنْدِك تَهْدِي بِهَا قَلْبِي ، وَتَجْمَعُ بِهَا شَمْلِي ، وَتَلُمُّ بِهَا شَعثِي ، وَتَرُدُّ بِهَا أُلْفَتِي ، وَتُصْلِحُ بِهَا دِينِي ، وَتَحْفَظُ بِهَا غَائِبِي ، وَتَرْفَعُ بِهَا شَاهِدِي ، وَتُزَكِّي بِهَا عَمَلِي ، وَتُبَيِّضُ بِهَا وَجْهِي ، وَتُلْقِينِي بِهَا رُشْدِي وَتَعْصِمُنِي بِهَا مِنْ كُلِّ سُوءٍ

Baca Juga

Allahumma inny asaluka rohmatan min 'indika tahdiy biha qolbiy, watajma'u biha syamliy, watalummu biha sya'atsi, wa taruddu biha ulfiy, wa taslihu biha diyniy, wa tahfadzu biha ghoibiy, watarfa'u biha syahidiy, watuzakkiy biha 'amaliy, watubayyidhu biha wajhiy, watulaqqiyniy biha rusydiy, wata'shimuniy biha min kulli suuin. 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya saya memohon rahmat dari-Mu yang dapat memberi hidayah kepada hati saya, dan dengan rahmat itu dapat mengumpulkan urusanku, dan menata urusanku yang berantakan, dan menolak segala fitnah, dan membaikkan agamaku, dan menjaga batinku , dan meninggikan derajat zhahir saya, dan membersihkan amal perbuatan saya, dan menyinarkan wajah saya. Dan saya mohon kepada-Mu rahmat yang dengan rahmat ini engkau memberikan petunjuk kepada saya, memenuhi kebutuhan saya dan memelihara saya dari segala kejelekan," (lihat Bidayatul Hidayah halaman 95 cetakan Darul Minhaj)

Doa ini sebagaimana dikutip dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al Ghazali. Doa ini menjadi rangkaian panjang doa i'tikaf di masjid terutama dibaca setelah melaksanakan qobliyah subuh. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement